Scrambler Serius Buat Lintasi Gurun

LAZONE.ID - Jalur yang bakal ditempuh tak main-main karena melintasi trek yang digunakan Paris-Dakar.

Honda FMX 650, tersedia sejak 2005-2007, adalah supermoto pabrikan yang memakai mesin RFVC 644cc yang digunakan pada motor single silinder besar lainnya seperti XR650L dan NX650 Dominator.

Sementara kepatuhan emisi Euro 2 telah menjadi pembatas untuk tenaga kuda yang dihasilkan. Supermotard ini mampu menghasilkan 39-hp dan menawarkan banyak kesenangan di tikungan lintasan offroad.

Builder Giorgio De Angelis dari De Angelis Elaborazioni Roma, mengubah motor tersebut. Alasannya karena tahun ini, Giorgio memutuskan untuk berpartisipasi dalam Scram Afrika edisi 2019 - reli trans-Maroko yang dibuat oleh Barcelona’s Fuel Bespoke Motorcycles.



Motornya wajib memakai scrambler, desert sleds, dual sports, dan modifikasi buat lintasan tanah.

“Scram Africa bukan perjalanan seperti yang lain, ini adalah pengalaman luar biasa tentang mengatasi tantangan, petualangan, dan persahabatan. Perjalanan untuk scrambler ke selatan Maroko melalui jalan setapak dan bukit pasir. Perjalanan hanya untuk pengendara yang bernostalgia!” katanya.

Untuk 2019, petualangan akan dimulai Marrakesh, bekas kota kekaisaran di Maroko barat, dan melakukan perjalanan tujuh hari dan lebih dari 1500 kilometer di atas permukaan campuran, termasuk pasir, tanah, aspal, dan bahkan trek yang pernah digunakan di Paris-Dakar Rally:

“Kita akan naik ke selatan sampai pintu-pintu gurun di Zagora untuk mengikuti jejak Paris-Dakar ke utara sampai Erg-Chebbi. Tahap selanjutnya adalah bukit pasir penuh dan berbagai jenis pasir hingga kita mencapai oasis di Merzouga. Hari-hari berikutnya kita akan pergi ke utara melintasi Atlas dan Lembah Dades yang terkenal."

Reli 2019 akan berakhir kembali di Marrakesh, setelah banyak petualangan, persahabatan, dan tidak sedikit tantangan. Penyelenggara merekomendasikan motor lebih dari 400cc, dan ada dua kategori yaitu: Original Scramblers (New or Vintage) dan Any Bike Customized as a Scrambler.



Sementara beberapa pengendara menyewa motor, Giorgio dari De Angelis Elaborazioni memutuskan untuk menyesuaikan Honda FMX 650 2005 ini untuk acara tersebut.

Mengingat bahwa itu harus bertahan sekitar 2000 kilometer di padang pasir Maroko, Giorgio harus benar-benar menyesuaikan motor tersebut. Roda supermoto 17 inci asli telah ditukar dengan roda dual-sport Excel dengan ban off-road.

Motor ini sekarang punya pengaturan suspensi lengkap dari Wilbers, dan tenaga ditransfer melalui transmisi KK-Bike dan kontrol kopling Accossato Racing.

Mereka juga menggunakan selang rem tabung dan pompa rem Fren, bersama dengan banyak aksesori seperti spatbor Kompotech dan handguards baru.