Vespa tak cuma motor, merek itu adalah ikon budaya. Diluncurkan pada tahun 1946, kendaraan roda kecil bertenaga menjadi sangat populer, datang untuk melambangkan skuter, menelurkan banyak peniru di seluruh dunia dan hidup sebagai komuter roda dua yang paling modis.

Tapi ada banyak hal yang mungkin belum lo tahu:

1. Lahir dari perang

Baca Juga: Gaya Vespa Klasik di Matic Antik





Piaggio, perusahaan di balik Vespa, telah memulai pembuatan kapal pada abad ke-19 sebelum berkembang menjadi kereta api dan, pada abad ke-20, pesawat terbang.

Setelah perang, produsen pesawat dilarang memproduksi pesawat. Jadi mereka beralih ke pembuatan motor untuk memenuhi kebutuhan besar akan transportasi murah.

2. Terinspirasi militer Amerika



The Cushman Model 53, lebih dikenal sebagai Airborne, adalah motor yang kokoh dan ringan dengan roda kecil, yang dirancang untuk diterjunkan ke zona perang selama WW2.

Banyak dari motor itu yang muncul di Italia untuk digunakan oleh pejuang perlawanan. Sebagai hasilnya, motor itu menjadi pemandangan umum.

3. Perancangnya membenci motor



Enrico Piaggio meminta insinyur ulung Corradino D'Ascanio untuk merancang mesin baru. D'Ascanio merancang helikopter pertama Italia.

Sayangnya, bagaimanapun, dia tidak menyukai motor konvensional. Jadi dia memutuskan untuk membuat kendaraan roda dua yang berbeda.

Dia memindahkan persneling ke setang, dengan pelindung kaki dan alas kaki sehingga wanita bisa mengendarainya dengan rok dan menyembunyikan mesin untuk menjaga pakaian mereka tetap bersih.

4. Nama Vespa



Nama Vespa memiliki cerita tersendiri. Awalnya hanya nama model dan bukan merek keseluruhan.

Vespa adalah bahasa Italia untuk tawon. MV Agusta yang lebih baru, yang juga membangun motor pertamanya pada waktu yang hampir bersamaan, juga ingin menamai produk mereka Vespa. Sayangnya, Piaggio telah mendaftarkan nama itu terlebih dahulu.

5. Dicontek motor lain



Popularitas besar pasti menginspirasi peniruan. Zundapp Jerman dan Triumph dengan Tigress-nya sama-sama menikam di tahun 1950-an.

Bahkan berlanjut hingga hari ini. Pada tahun 2013, polisi Italia menyita 11 mesin dari tujuh pabrikan Cina yang berbeda yang memiliki keberanian untuk memajang barang dagangan mereka bersama Vespa di pameran EICMA di halaman belakang Piaggio sendiri.

Buat lo yang belum tahu saat itu ada 12 model berbeda dari Vespa.