Skuter Retro Unik Cushman Turtleback

LAZONE.ID - Retro abis nih Bro

Sekarang mungkin lo kenal dengan brand skuter seperti Vespa, Lambretta, dan Piaggio. Ketiga brand tersebut seakan jadi ikon untuk motor berjenis skuter. Gak jarang, orang awam bahkan tertukar ketika menyebutkan tiga brand tersebut.

Tapi mungkin banyak dari lo yang jarang mendengar skuter dengan brand Cushman.

Motor dengan tipe Cushman Model 62 Turtleback sempat jadi pesaing tiga brand yang gue sebutkan pada masanya. Motor satu ini dirilis pada tahun 1950 lalu.

Uniknya, Cushman sebenarnya bukanlah perusahaan otomotif, melainkan sebuah perusahaan mesin yang membuat peralatan untuk mengolah lahan pertanian. Tapi Cushman Model 62 Turtleback sempat menarik perhatian para pecinta skuter.



Unit yang lo lihat atas adalah model asli saat pertama mereka rilis. Kelihatan usang emang, wajar aja usianya udah 7 dekade. Motor ini mungkin bakal terlihat lebih segar dengan sedikit pengerjaan modifikasi dan jadi sebuah benda retro yang tak ternilai.

Kerennya, motor ini punya mesin berkapasitas 221 cc yang punya tenaga 4,8hp. Kecepatan maksimal untuk motor tersebut diklaim sekitar 45 km/jam. Angka yang kecil tapi mengingat mesin yang digunakan adalah mesin jadul, hal tersebut adalah sesuatu yang impresif untuk skuter tersebut.

Motor ini sempat dipajang di showroom Jim’s Scooter yang berada di Minnesota, Amerika Serikat. Sekarang, Cushman Model 62 Turtleback berada dalam sebuah pelelangan.



Sang pemilik sengaja gak mengerjakan modifikasi atau restorasi apapun pada motor ini untuk menjaga keasliannya. Lo bisa melihat karat di banyak bagian body motor tersebut dan itu menambah kesan retro pada motor tersebut.

Gimana Bro, keren gak skuter tersebut menurut lo?