Suzuki GSX 1100 SD Katana, memang seperti superbike tahun 80'an pada umumnya. Terlihat aneh menurut standar modern saat ini.

Tapi motor itu memiliki pengikut yang juga mengkultuskannya. Akhirnya motor tua itu dianggap sebagai karya klasik sejati, bukan hanya dari sisi desainnya yang kuno.

Katana ini milik Tim Classic Suzuki, sebuah tim balapan yang langsung didukung oleh Suzuki Jepang. Dari tampilannya terlihat lezat dengan warna biru Suzuki yang khas.



Motor itu merupakan yang paling tepat untuk sebuah balapan. Atau untuk acara endurance legend yang masih digelar di Donington Park hampir setiap akhir pekan.

Suspensinya memakai K-Tech dengan velg Dymag dan swingarm custom dari Sweet Fabrications. Sementara mesinnya kini sudah memiliki kapasitas 1170cc dengan ubahan lainnya.



Motor 80'an ini juga termasuk barang vintage meskipun banyak yang menilai gaya retro itu muncul dari desain, tidak keseluruhan sebuah motor.

Tapi di sisi lain, motor ini juga masih layak dipertimbangkan untuk sebuah balapan bernyali. Isle of Man TT sepertinya masih cocok untuk Katana.