Suzuki-SAIAD GT750 S Vallelunga

LAZONE.ID - Motor antik bergaya racer khusus buat balapan.

Ada sesuatu yang ajaib tentang balap 2 tak dan di suatu tempat ada Suzuki-SAIAD GT750 S Vallelunga. Kisah Suzuki buatan Italia ini adalah kisah yang aneh. Tetapi bengkel Piedmontese, Soiatti Moto Classiche, baru saja menemukan dan memulihkannya.

Soiatti Moto Classiche membuka pintunya pada tahun 1978, ketika pembalap motor pabrik SWM Daniele Soiatti pensiun dari tugas resmi. Hari ini Daniele dan putranya Alberto mengembalikan motor dari tahun 1970-an, yang sering tiba di bengkel Novara dalam kondisi yang sangat buruk.

Soiatti biasanya bekerja dengan superbike Jepang, tetapi mereka kadang-kadang membuka tangan mencakup marque Eropa yang kurang dikenal seperti Hercules, Z├╝ndapp dan SWM.

Ini karya yang berkualitas juga, dan sering dipamerkan di acara-acara konser besar Eropa seperti Concorso d'Eleganza di Villa d'Este.

Suzuki-SAIAD GT750 S Vallelunga

Spesialis knalpot Figaroli menciptakan sistem knalpot yang ringan dan lebih efisien, dan Angelo Menani memasok bodywork fiberglass yang ringan. Kecepatan tertinggi dilaporkan 225 kpj (140 mpj) dan Suzuki sangat terkesan dengan Vallelunga, sehingga mengadopsi motor itu sebagai model 'resmi'.

Mesin yang direstorasi oleh Soiatti Moto Classiche berasal dari tahun 1974, berada di urutan ke 35 dalam proses produksi. Hal pertama yang diperhatikan Daniele adalah motor berpendingin air yang telah diambil dari versi GT750 nanti.

Bodywork fiberglass terlihat seperti memiliki usia hampir setengah abad. Tetapi alih-alih membuat parit dan menciptakan kembali karya Menani, Soiattis telah memulihkannya dengan cermat, dan memberinya lapisan cat biru Suzuki. Mereka juga telah membuat ulang decals untuk mereplikasi aslinya.

Suzuki-SAIAD GT750 S Vallelunga

Sisa hardware lainnya hanya difungsikan, diperbaiki, dan dikembalikan ke spesifikasi pabrik. "Vallelunga dipulihkan tepat kembali ke aslinya. Kami tidak berpikir untuk melakukan perubahan," kata Alberto.

Tapi hasilnya justru begitu memuasakan karena motor vintage bergaya racer ini punya daya tarik yang tinggi.