Tak Perlu Takut Bangun Motor Kaku Seperti Bimota HB1

LAZONE.ID - Honda CB750 dibuat mirip banget dengan motor Bimota HB1 yang kekar dan kaku.

Bimota merupakan salah satu nama yang punya sejarah menggugah dalam pabrikan sepeda motor. Seperti kebanyakan produsen Italia lainnya, perusahaan itu telah melalui siklus ketenaran hingga krisis keuangan.

Kini cerita Bimota kembali muncul setelah sebuah motor Honda CB750 dibangun mirip dengan seri HB1. Sepuluh persen dibangun di pabrik tersebut, dan 90 persen muncul dalam bentuk replika.

Bentuk HB1 merupakan ide dari builder asal Amerika, Rob Phillips yang menjadi pemilik Husky Restorations. Motor tersebut memang mirip sekali dengan HB1 dengan frame merah kekarnya.

 



Rob menyebutkan, frame tersebut memang sangat mirip dengan aslinya. Terlihat kekar dan sedikit kaku yang punya nilai vintage.

Tangki bahan bakar CB750 itu juga dibuat custom oleh Ian Halcott dari Twinline Motorcycles. Dari bentuknya semua didominasi oleh garis tajam. Bagian bodywork dibuat dari serat karbon dimulai dari bagian tangki bahan bakar hingga ke fender depan. 

 



Front end juga dibuat hampir sama dengan satu set garpu Ceriani GP35R. Sementara suspensi belakang memakai Marzocchi klasik untuk menjaga kontrol ban disematkan sebuah Bridgestone BT45.

Sistem pengereman memakai kaliper Brembo dengan master silinder. Velg juga tak neko-neko dengan memakai Excel dan jari-jari stainless merek Buchanan.