Semua bagian kendaraan, mau itu di dalam atau di luar pasti dibuat dengan maksud dan tujuan tertentu. Seperti halnya garis-garis coklat di kaca belakang mobil. Rata-rata mobil keluaran terbaru punya tambahan fitur ini nih di kaca belakangnya. Sebenarnya fungsinya untuk apa sih?

Garis-garis itu sendiri bernama defogger. Lo pasti sering kan saat mengendarai mobil dalam kondisi hujan dan enggak nyalain pendingin udara, terus muncul embun di kaca kendaraan karena perbedaan suhu antara kabin dan bagian luar. Hal ini bisa jadi ganggu pandangan lo. Nah, defogger dibuat untuk meminimalisir dan menghilangkan embun dalam kondisi tersebut.

Ternyata Ini Fungsi Garis Cokelat di Kaca Belakang Mobil

Sekarang juga defogger bisa dipakai di kaca depan atau belakang. Di kaca depan, defogger bekerja dari kipas AC. Jadi udara yang dihembuskan dari ventilasi pada bagian dashboard akan disinkronkan dengan suhu AC.

Nah, kalo di bagian belakang, defogger merupakan elemen panas bakal memberikan panas ke seluruh permukaan kaca. Yaudah, jadinya embun bisa hilang deh.

Tapi semua itu berfungsi kalo lo menekan tombol fisik yang biasanya ditempatkan di dekat tombol AC. Tombol itu biasanya disimbolkan dengan gambar persegi panjang yang dilintasi oleh tiga anak panah meliuk.