Dunia motor baik itu balapan maupun modifikasi era sekarang pasti dimodifikasi nama-nama seperti Ducati, Honda, Yamaha, BMW, Kawasaki dan sebagainya. Gak heran sih Bro emang nama-nama besar tersebut bertahan hidup hingga sekarang melalui arena adu cepat dan juga garasi modifikasi.

Tapi banyak juga motor dari era klasik yang terlupakan. Salah satunya adalah Motorenwerke Zschopau (MZ) yang datang dari era 80an. Salah satu motor keluaran pabrikan Jerman tersebut adalah MZ ETZ 250 yang emang bisa dibilang bermesin kecil dibandingkan motor dengan kategori sport pada masanya. Namun mesin dan sistem pembuangannya yang inovatif membuat motor ini cukup populer pada era tersebut.

MZ ETZ 250 sendiri seakan seperti sebuah motor yang ditakdirkan untuk terlihat keren ketika jadi sebuah motor cafe racer.



Inilah yang membuat Michael dari Kraftrad Noeda, bengkel modifikasi asal Jerman tertantang untuk merombak motor yang terlupakan ini jadi sebuah motor yang kembali layak untuk berpacu.

Tantangan muncul karena bagian depan MZ ETZ 250 dianggap terlalu tinggi dengan posisi wheelbase yang terlalu rendah untuk dijadikan sebuah motor cafe racer. Untuk mengakalinya Michael menambah ukuran forks yang ada sepanjang 7 cm dan juga menambahkan satu set triple clamps pada motor tersebut. Namun solusi ini membuatnya menghadapi masalah baru seperti bagian suspensi yang jadi terlalu pendek.



Karena gak ada satupun produk aftermarket yang benar-benar cocok, Michael dan tim akhirnya memutuskan untuk merombak sendiri bagian tersebut. Selain itu, Michael juga mengubah angle dari swingarm agar cocok dengan body dan tetap aman serta mendapatkan posisi riding yang tepat.



Setelah berhasil mengatasi masalah tersebut, mereka pun fokus untuk meningkatkan performa motor ini. Tim Kraftrad Noeda pun menambah kapasitas mesin motor ini jadi 300 cc untuk mendapatkan tenaga yang lebih besar dari sebelumnya. Tangki bensin dari Yamaha XS500 pun digunakan dan dibentuk ulang sesuai rangka pada motor ini untuk menambahkan sedikit upgrade dari sisi penampilan.

Gimana menurut lo hasilnya Bro?