Udah Tau? Ini Alasan Kenapa Ban Motor Trail Lebih Gede yang Depan!

LAZONE.ID - Oh, ternyata begitu.

Rata-rata emang kalo motor itu punya ban yang ukurannya lebih kecil atau lebih ‘kurus’ dari pada ban bagian belakang. Nah, tapi ada satu jenis motor yang punya ban depan jauh lebih besar dari ban bagian belakang yaitu motor trail.

Sebagai contoh bisa dilihat pada ban yang digunakan motor trail merk Kawasaki KLX 150. Band depannya punya ukuran 70/100-19M/C 42P, sedangkan ban belakang punya ukuran  90/200-16M/C 51P.

Nah, ternyata penggunaan ban di depan yang lebih gede ini bukan tanpa tujuan, Bro. ban yang gede di depan berguna untuk meredam kejutan saat motor melalui medan berat dan terjal. Jadi motor ini akan numpuin tekanan di bagian depan.

Kegunaan lainnya ban gede di depan adalah untuk menunjang penggunaan shock depan motor trail yang lebih panjang dibanding motor pada umumnya. Hal ini bisa bikin ngetrail di lintasan off-road jadi lebih enak dan stabil.


Gitu bro, kenapa selama ini ban motor trail itu lebih gede di depan. Ada hubungannya sama kegunaan motor trail yang ditujukan untuk medan offroad yang terjal. Tertarik milikin motor trail? Atau lo udah punya, Bro?