Upgrade Performa Superbike Suzuki

LAZONE.ID - Resto mod yang bikin motor jadul Suzuki jadi lebih garang

Motor retro selalu punya nilai lebih di mata para bike enthusiast. Makanya kadang ada yang rela menghabiskan banyak waktu dan budget demi merestorasi sebuah motor retro supaya terlihat seperti keadaannya saat pertama kali dirilis.

Motor di atas, sebuah Suzuki Katana adalah salah satu superbike yang bayak dicintai pada masanya. Motor ini dirilis dari tahun 1981-2006 dan dilanjutkan kembali pada tahun 2019. Banyak orang yang rela mengeluarkan effort lebih untuk mendapatkan Suzuki Katana versi klasik dalam kondisi mulus.

Suzuki Katana satu ini terlihat seperti sebuah motor hasil restorasi biasa, tapi ada hal lain yang terjadi di dalamnya. Superbike ini dapat banyak upgrade untuk performa yang lebih gahar lagi.


Motor ini dikerjakan oleh workshop modifikasi Vintage Superbike (VSB) Moto. Mereka menggunakan Suzuki Katana GS1100E keluaran tahun 1982 sebagai dasar.

Ternyata meski merupakan sebuah motor favorit untuk sebagian orang, motor ini masih punya beberapa aspek yang gak disukai. Seperti VSB Moto yang gak menyukai postur bagian belakang motor ini. Fender depan dan forks juga jadi bagian yang menurut mereka adalah sesuatu yang mengganjal.

VSB Moto punya rencana untuk upgrade performa dengan beberapa cara, diantaranya adalah mengurangi beban motor ini. Suzuki Katana emang punya mesin yang besar dan tenaga besar, tapi bodi bongsor dan beban yang berat bikin Katana gak bisa mengeluarkan potensi maksimalnya.


Sebagai sebuah motor retro, terdapat beberapa kendala saat membongkar dan memperbaiki motor ini untuk mendapatkan performa yang lebih baik. Seperti halnya settingan rangka yang gak pas dengan roda motor kekinian. Banyak motor retro menggunakan kombinasi roda dengan ukuran yang berbeda, begitupun dengan Suzuki Katana satu ini. Makanya, menggambar sketsa yang pas untuk memasangkan sepasang roda modern berukuran 17 inch sedikit lebih menantang untuk VSB Moto.

Di bagian depan adalah set forks GSXR-750 1992, ditopang oleh Honda CBR 954 triple dengan penjepit drop-top bermesin CNC. Dan rodanya diambil dari motor Suzuki GSXR-1100 berukuran 17 inch, serta remnya adalah campuran part Suzuki dengan rotor Arashi yang di-upgrade.

Namun pada akhirnya dengan perpaduan beberapa part dari superbike Suzuki lainnya, upgrade motor ini bisa terwujud. Kini, motor dengan mesin yang udah mendapat bore-up jadi 1.134 cc ini dapat melaju makin kencang di jalanan.