Piaggio adalah produsen kendaraan roda dua nomor satu di Eropa. Kekuatan industrinya masih berasal dari kejeniusan yang dikenal sebagai Vespa.

Vespa adalah fondasi dimana Piaggio membangun kembali dirinya dari puing-puing Perang Dunia II. Piaggio kini merayakan ulang tahun ke-75 Vespa.

Melihat ke belakang, kita harus mengatakan bahwa Vespa tetap setia sepenuhnya pada desain asli dan konsep mekanisnya. Meski belakangan Vespa berkembang sedikit demi sedikit, mengubah struktur baja yang mengintegrasikan rangka dan bodi hingga powertrain dalam satu unit dengan roda belakang.

Baca Juga: Vespa Tak Lagi 'Bahenol'

Selama bertahun-tahun, struktur bodi telah didesain ulang untuk mencapai kekakuan torsi yang lebih tinggi. Rem cakram diadopsi bersama dengan roda dan ban dengan ukuran yang lebih besar.

 

Dan transmisi CVT secara rasional menggantikan shifter lama yang dioperasikan dengan tangan. Meskipun banyak modifikasi desain dasar Vespa masih ada, dengan penutup belakangnya yang besar yang membuatnya bisa dikenali dari jarak satu mil.

Kini hadir 75th Anniversary Edition dalam grade khusus kuning metalik dengan logo "75" yang besar dalam warna yang sedikit lebih gelap menghiasi kedua sisi belakang dan spakbor depan.

Edisi perayaan menampilkan sejumlah sentuhan akhir yang eksklusif. Kursinya empuk dan dipangkas secara elegan dengan kulit nubuck. Roda aluminium abu-abu gelap dengan pelek yang dipoles, layar instrumentasi TFT 4,3 inci, dan kaca spion chrome adalah beberapa detail yang lebih halus.

Selain itu, rak belakang disertakan sebagai standar dengan tas kulit berbentuk seperti ban serep jaman dulu. Semua model Vespa tersedia dalam edisi hari jadi ke-75.