Voxan Gaet Biaggi Bikin Motor Listrik Tercepat

LAZONE.ID - Motor listrik buatan produsen Prancis itu diklaim bisa pecahkan rekor kecepatan 200mph.

Untuk pengendara yang tumbuh di sirkuit seperti Mugello, kecepatan adalah wajib bagi seorang Max Biaggi. Meskipun pencapaian berikutnya mungkin membawanya bahkan di luar zona nyamannya.

Biaggi bekerja sama dengan produsen Prancis Voxan untuk mencoba dan memecahkan rekor kecepatan motor listrik. Mereka mencari kecepatan 200mph!

Voxan telah menciptakan Biaggi motor yang memiliki angka kinerja yang luar biasa, bahkan untuk mesin listrik. Rangka motor memakai batang tubular yang cukup diatur sedemikian rupa.

Tetapi dari sana, motor itu juga menggunakan sejumlah sasis dan inovasi untuk membantu keberhasilannya.



Bagian depan memakai suspensi dua sisi, satu sisi yang diatur, dengan swing arm satu sisi lainnya di bagian belakang. Tidak ada rem yang digunakan di depan, Voxan memiliki rancangan untuk memperlambat kecepatan motor khusus untuk dataran garam Bolivia, meskipun motor itu memiliki rem belakang.

Biaggi juga dapat mengatur pengereman mesin dengan menggerakkan tuas kecil yang dipasang pada stang.

Inovasi kunci lain pada streamliner adalah penggunaan es kering untuk membantu mendinginkan elektronik mesin. Es kering digunakan untuk mendinginkan air yang dipompa di sekitar motor untuk menjaga kondisi operasi yang optimal.



Berkat pendingin es kering dan baterai lithium-ion 15kWh 140kg, Voxan diklaim menghasilkan 367bhp dan torsi 970Nm (715lb-ft) yang menakjubkan!

Untuk mesin yang mampu melesat dengan kecepatan seperti itu dan dengan tenaga dan torsi dalam jumlah besar, butuh ban superslick yang terbuat dari unobtanium. Tapi motor itu diklaim bisa bertahan dengan Michelin Pilot RS yang telah dinilai pada kecepatan hingga 217mph!