Wattman, Sang Jet Darat Bertenaga Listrik

LAZONE.ID - Mereka juga menggaet legenda GP untuk menungganginya

Lo mungkin udah biasa melihat motor super sport dengan akselerasi luar biasa melaju kencang di atas aspal. Bahkan, beberapa dari motor tersebut sengaja dibangun dengan tujuan memenuhi standar minimal balapan resmi. Seperti contohnya Ducati Desmosedici V4 yang jadi motor di arena balap MotoGP, namun juga legal melaju di jalanan.

Motor-motor seperti Desmosedici itu adalah motor dengan bahan bakar yang diciptakan untuk menembus batasan-batasan kecepatan. Tapi gimana dengan dunia motor listrik? Motor yang mesinnya melaju tanpa bahan bakar ini bukan gak punya penghuni di kategori super sport, namun masih jarang yang sengaja membangun untuk kepentingan tersebut. 

Salah satu motor bertenaga listrik yang terkenal dengan mesin powerful dan kencang adalah Voxan Wattman. Motor ini udah diproduksi sejak tahun 2013 dan terus berinovasi sebagai motor pemecah rekor kecepatan.



Untuk kembali memecahkan rekor kecepatan di atas lintasan aspal, sebuah Wattman mendapat treatment modifikasi layaknya sebuah drag bike.

Dimensi Voxan Wattman yang terbilang bulky dengan baterai dan mesinnya di bagian bawah, kini dihiasi body kit tambahand engan fairing lebar yang mendukung aerodinamis motor. Bukan sekedar hiasan, bodywork bongsor yang lo lihat di atas punya fungsi tersendiri dalam membantu unit Wattman tersebut mencetak rekor baru.



Selain menerapkan fairing streamliner dan juga menggunakan suspensi double-wishbone untuk keperluan aerodinamis, Voxan melakukan hal ekstrim dengan melepas rem depan untuk menambah stabilitas. Jadi, motor yang dirancang untuk memecahkan rekor kecepatan ini bakal cuma mengandalkan rek belakang. Yap, cuma mengandalkan rem belakang karena mereka juga gak menyertakan parasut untuk menurunkan kecepatan.

Gak tanggung-tanggung Bro, Voxan berencana mencatatkan kecepatan 330 km/jam untuk memecahkan rekor sebelumnya yang menyentuh angka 327 km/jam. Rencananya, Voxan bakal berusaha memecahkan rekor tersebut di padang garam Salar de Uyuni di Bolivia. Kerennya, orang yang bakal ada di belakang kemudi saat percobaan pemecahan rekor tersebut adalah seorang legenda MotoGP dekade 2000an, Max Biaggi.

Awalnya, Max direncanakan memacu motor ini pada akhir tahun 2020. Namun rencana tersebut kabarnya diundur jadi tahun 2021 dengan waktu yang belum ditentukan.

Motor ini bakal benar-benar jadi jet darat bertenaga listrik, Bro!