Wow, Tesla Ubah Mobil Ini Jadi Alat Untuk Lawan COVID-19!

LAZONE.ID - Tesla jadi salah satu pabrikan otomotif yang terdepan ikut membuat peralatan kesehatan

Bulan lalu, gak ada yang menyangka bahwa wabah COVID-19 bakal separah hari ini. Kini bahkan beberapa negara mencatatkan angka kasus yang jauh melampaui China, negara asal wabah tersebut. Tercatat bahwa Amerika Serikat, Spanyol, Italia, Jerman, dan Prancis jadi negara teratas dengan jumlah pasien positif terinfeksi oleh virus COVID-19.

Di masa krisis seperti ini, udah mulai banyak pihak yang saling bahu membahu untuk ikut ambil bagian dalam perang melawan wabah yang sedang melanda. Beberapa brand fashion membuat masker versi mereka sendiri. Bahkan brand gadget seperti Apple ikut mendesain face shield alias pelindung wajah untuk didistribusikan kepada tenaga kesehatan.

Nah, dalam urusan ini Tesla jadi salah satu brand otomotif yang aktif untuk ikut terjun dalam penanganan wabah dengan ikut mendesain alat kesehatan. Brand milik Elon Musk ini memanfaatkan Tesla Model 3 mobil untuk “dikorbankan”.



Mereka memanfaatkan pusat produksi Tesla yang ada di New York sebagai pusat pengembangan ventilator untuk membantu penanganan wabah yang ada. Buat lo yang belum tau Bro, ventilator digunakan untuk membantu pasien COVID-19 yang berada dalam masa kritis dan memerlukan alat bantu pernafasan. Ventilator ini sendiri membantu udara yang mengandung oksigen keluar masuk secara bebas ke paru-paru yang sedang sakit.

Tesla memanfaatkan sebagian part dari mobil Tesla Model 3 sebagai part untuk membuat ventilator tersebut. Sebelumnya, Tesla cuma memanfaatkan pusat produks di New York ini sebagai produsen beberapa bagian yang dibutuhkan untuk sebuah mesin ventilator. Tapi tampaknya, di tengah krisis ini mereka mengembangkan mesin ventilator utuh.

Ventilator dari Tesla ini masih dalam masa pengembangan. Meski begitu Elon Musk menjanjikan bahwa alat kesehatan ini bakal siap produksi secepat mungkin setelah desain yang dirancang sempurna dan alat bekerja sebagaimana mestinya.

Tesla juga bukan satu-satunya pabrikan otomotif yang ikut mengembangkan ventilator. General Motors juga kabarnya sedang ikut berusaha membuat ventilator buatan mereka sendiri.



Angka pasien penderita COVID-19 semakin hari semakin banyak, Bro. Jadi, sebisa mungkin lo harus tetap jaga kesehatan dan kebersihan supaya gak mudah tertular, oke?