Yamaha Pernah Bikin Supercar?

LAZONE.ID - Ternyata bukan cuma motor yang mereka bikin

Beberapa brand otomotif besar seperti Honda dan Suzuki sama-sama berkecimpung di dua jenis otomotif paling populer, roda dua dan roda empat. Kedua brand ini punya divisi yang serius menangani masing-masing bidang sehingga sering menghasilkan motor dan mobil kelas dunia dengan performa yang mumpuni. Kedua brand Jepang itu juga sering bersaing di ajang olahraga balap.

Tapi ada satu nama besar yang sampai sekarang belum benar-benar terjun mengelola kedua jenis kendaraan ini. Nama tersebut adalah Yamaha. Brand satu ini terkenal dengan motor-motornya yang punya handling mantap serta akselerasi kencang. Namun, mereka belum pernah benar-benar terjun ke dunia roda empat seperti dua pesaing yang disebutkan sebelumnya.

Meski begitu, ternyata Yamaha udah beberapa kali mencoba menjajal dunia roda empat loh Bro.

Bahkan gak tanggung-tanggung, Yamaha pernah merancang sebuah supercar yang punya teknologi mesin Formula 1!


Meski terkenal dengan produk motornya yang berperforma tinggi, Yamaha ternyata adalah salah satu pemasok mesin-mesin balap di ajang Formula 1 Bro. Berangkat dari sanalah mereka merancang sebuah supercar. Dengan ditemani konsultan dan desainer otomotif asal Inggris, mereka pernah mencoba hal tersebut beberapa dekade lalu.

Jadi, pada tahun 1994 Yamaha mendesain sebuah supercar yang mereka namai OX99-11. Namun pengembangan mobil tersebut dihentikan dan mobil yang udah ada cuma berupa prototipe dan belum sempurna.

Mobil tersebut ditenagai sebuah mesin V12 berkapasitas 3,5 liter dan mampu menghasilkan daya sebesar 400 hp dan dipadukan dengan mesin gearbox manual 6 percepatan. Spesifikasi ini belum dipadukan dengan teknologi mobil F1 lain yang rencananya bakal ditanamkan pada mobil tersebut.


Sayangnya, supercar gahar ini gak pernah benar-benar diproduksi.

Tapi, ada rumor yang bilang bahwa konsep supercar Yamaha tersebut bakal kembali dikembangkan pada tahun 2020 ini. Dengan kode OX-2020, rencananya pengembangan mobil ini bakal kembali ke permukaan. Kemungkinan juga kapasitas mesinnya bakal ditambah dan tentunya ditanamkan teknologi super canggih lainnya.

Bayangkan Bro, kalau suatu hari mobil ini akhirnya diproduksi, brand tiga garpu tala bakal bersanding dengan brand besar otomotif lainnya bersama jajaran mobil super mereka.