Yamaha Vintage Diubah Jadi Scrambler Ramping & Ringan

LAZONE.ID - Bobotnya bahkan cuma seberat satu orang dewasa.

Penggiat modifikasi motor udah biasa melihat scrambler kelas berat dengan body yang kekar. Biasanya, hal tersebut dibuat supaya motor yang mereka rombak jadi lebih tangguh dan terasa “mantap”.

Tapi seseorang dari UFO Garage, Spanyol ini melakukan sesuatu yang berbeda dengan membuat sebuah scrambler ringan dan ramping. Tampilannya yang ringan ini sebenarnya gak beda jauh dari motor dasarnya, Yamaha SR250 yang juga kelihatan ramping. Yang mengejutkan adalah motor hasil modifikasi ini bobotnya cuma 75kg, Bro!

Efraon Triana, orang yang ada di belakang modifikasi ini emang terkenal suka dengan motor-motor kecil dan ringan. Efraon memilih Yamaha SR250 sebagai dasar modifikasinya karena body-nya yang ramping dan juga emang banyak tersedia di pasaran Spanyol. 

Pengurangan bobot terjadi dimana-mana, termasuk roda dari SR250 bawaan pabrik yang berat pun diganti dengan velg Tagasako MX ringan buatan Excel Excell. Untuk ban, Efraon Triana memilih menggunakan ban TKC80 keluaran Continental.

Yang unik, Efraon milih untuk menggunakan tangki bensin dari motor mungil Peugeot 50cc. Di belakangnya menempel sebuah jok yang dirancang sendiri oleh Efraon supaya pas dengan visi yang dirinya tanamkan di motor ini. Untuk bagian knalpotnya, Efraon juga merancang sendiri sistemnya dan membuat sebuah setelan knalpot yang tidak berisik.

Menurutnya, dia ingin membuat sebuah motor yang nyaman digunakan setiap hari di perkotaan maupun buat petualangan ke pinggiran kota. Dengan knalpot yang tidak nyaring, semua orang bisa merasa nyaman ketika dirinya melintas dengan motor tersebut.

Wah, kalau ringan gini kayaknya bakal gesit ya Bro dipakai sehari hari di kota? Kalau dipakai di kota yang padat kayak Jakarta juga bakal enteng ketika harus bergeser saat mau parkir.