Di perkotaan dengan pemukiman yang makin padat, menemukan lokasi sebuah tempat itu sulitnya kadang melebih soal matematika. Bahkan, banyak di antara para pendatang yang jadi stres sendiri karena nyasar kemana-mana, padahal tujuan sebenarnya ada di belakangnya.

Buat loe yang masih asing dengan sebuah kota, atau secara nggak sengaja punya hobi sering nyasar, cobalah untuk memiliki smartphone, Bro. Supaya loe tahu, smartphone jaman sekarang punya segudang aplikasi peta yang bakal bikin loe lebih melek melihat dunia, alias nggak gampang nyasar lagi.

Aplikasi smartphone apa saja yang dibutuhkan untuk membuka pandangan dan wawasan loe terhadap dunia?

Google Maps
Aplikasi ini adalah aplikasi wajib buat pengguna Android. Begitu loe menyalakan smartphone untuk pertama kalinya, aplikasi ini bakal langsung mejeng dan siap digunakan karena satu alasan, Google yang punya Android, Bro. Google Maps punya berbagai kelengkapan yang nggak akan membiarkan loe nyasar lagi. Mulai dari navigasi arah yang sesuai dengan keadaan lalu lintas jalan yang loe gunakan, berbagai tempat-tempat menarik terdekat, hingga mesin ATM terdekat kalau-kalau loe kehabisan duit di jalan.

Yang pasti dengan Google Maps loe nggak perlu lagi takut nyasar di perjalanan asalkan punya paket data yang difungsikan untuk mengaktifkan peta tersebut.

Waze
Waze pada dasarnya adalah aplikasi navigasi yang sama dengan Google Maps. Bedanya, Waze lebih seru dalam beberapa hal, Bro. Misalnya aplikasi ini akan memberitahukan tentang keberadaan polisi yang lagi patrol. Jadi loe bisa lebih waspada saat berkendara ketika tahu bahwa ada polisi di depan loe. Selain punya alarm buat polisi, Waze juga menginformasikan tentang jalanan yang sebaiknya nggak loe lewati. Entah karena ada perbaikan atau kecelakaan yang bikin macet.

Asal loe tahu, informasi tentang polisi, kemacetan, atau apapun yang ada di Waze ini didapat dari para pengguna Waze juga. Jadi, loe juga punya kesempatan untuk berguna bagi orang lain kalau ada informasi penting seputar jalanan yang dilewati.

Apple Maps
Sebagai sangingan Google, Apple nggak boleh berpangku tangan kepada sang rival. Dan untuk alasan itu, perangkat-perangkat iOS buatan Apple juga punya aplikasi peta sendiri, yaitu Apple Maps. Dan untuk update iOS 9 yang akan datang, Apple Maps bakal menjadi lebih dari sekedar peta. Apple bakal memberikan informasi tentang jadwal dan tujuan transportasi masal.

Sayangnya, fitur ini belum bisa digunakan secara meluas di seluruh dunia karena masih dalam tahap pengembangan. Tapi pasti suatu hari nanti informasi tentang transportasi di kota loe bakal muncul di Apple Maps.

Untuk itu, selalu lengkapi diri loe dengan smartphone dan aplikasi-aplikasi di atas biar nggak ada lagi istilah buang waktu gara-gara kesasar.