Dirilisnya iPhone 6s dan 6s Plus bisa dibilang menjadi penanda kelahiran smartphone yang menghadirkan teknologi pressure-sensitive displays, atau lebih sering disebut 3D Touch. Memang, teknologi ini masih belum dirasakan banyak orang karena produknya masih mahal dan hanya terjangkau kalangan berkantong tebal.

Meski begitu, berdasarkan sebuah riset yang dilaporkan badan analisis teknologi IHS, teknologi tersebut bakal jadi tren smartphone pada 2016. Teknologi 3D touch akan diaplikasikan beberapa vendor smartphone dalam waktu dekat untuk perangkat Android. Jadi tahun depan pemilik Android tak usah merasa tertinggal.

Seperti dilansir Ubergizmo, 25 persen smartphone baru yang akan hadir di kuartal ketiga dan keempat akan menghadirkan fitur 3D Touch. Jadi, bukan tidak mungkin jajaran smartphone Android akan hadir dengan menggunakan fitur tersebut di tahun mendatang.

Perangkat apa saja yang dirumorkan akan mengadopsi 3D Touch? Disebutkan Samsung Galaxy S7, Sony Xperia Z6, serta beberapa smartphone Xiaomi. Huawei diketahui tengah merencanakan untuk menciptakan smartphone dengan fitur 3D Touch juga. Perusahaan pengembang solusi Synaptics pun memprakarsai fitur 3D Touch agar bisa diadopsi produsen peralatan asli (OEM) dari beberapa vendor ke smartphone Android yang akan dirilis tahun depan.

Dirumorkan pula bahwa nama fitur 3D Touch g nanti akan diberi nama "ClearForce" untuk Android dan punya kelebihan lain yang tak ada di iPhone terbaru.