Raditya Dika dengan novel kocaknya, Tere Liye dengan novel super dramatis yang dalam, maupun Ippho Santosa dengan deretan buku motivasinya yang menggebrak semangat. Persamaan ketiganya adalah sama-sama penulis, dan kini mereka udah sukses lewat buah tangan yang menggugah banyak orang itu. Loe juga bisa sukses seperti mereka. Terlebih udah banyak beredar apps yang bakal membantu loe untuk melakukan itu semua. Yup, here they are!

Poetreat

Kata-kata biasa, datar dan bakal membuat pembaca loe bosan. Sepertinya loe butuh Poetreat untuk membuat tulisan jadi lebih catchy. Apps ini fungsinya untuk membuat skema tulisan loe jadi berima dan enak dibaca karena akhirannya match. Bingung soal pemilihan kata? Poetrat bisa membantu loe memilih diksi yang pas.

Merriam-Webster Dictionary

Kata-kata adalah senjatanya para writer, dan gudangnya adalah kamus. Dari sekian banyak apps dictionary keren loe bisa pilih Merriam-Webster Dictionary. Nggak cuma words translator aja, loe juga bisa dapetin fitur sinonim dan antonim. Untuk versi berbayar loe bahkan bisa mendapatkan fasilitas pro seperti ilustrasi, anagram dan search option yang lebih detail lagi.

Evernote

Go paperless! Gunakan aplikasi mobile sebagai pengganti buku, Bro! Salah satu yang paling direkomendasikan adalah Evernote. Inspirasi bisa datang kapan aja, dan ketika nggak ada buku sebagai pelampiasan, loe butuh aplikasi satu ini. Dilengkapi dengan cloud storage, password dan sebagainya, nulis bakal jadi pengalaman yang benar-benar berbeda. Try it!

Write or die

Nulis lah atau loe bakal mati! Meskipun nggak bakal mati beneran, tapi ini adalah permainan psikologis yang bisa bikin loe makin greget dalam menulis. Dilengkapi dengan achievement point loe bakal terpacu untuk terus menggerakkan jari-jari. Ada juga time limiter yang ketika loe melewatinya  maka Write or Die bakal memberi hukuman. Seru dan banyak manfaat!

Spice Mobile

Nulis bisa jadi hal yang membosankan, saatnya loe cari inspirasi. Lewat Spice Mobile salah satunya! Aplikasi ini berisi banyak literatur terkenal yang bisa bikin kaya akan kosa kata. Kalau apps ini lahir sebelum Shakespeare maupun Hemingway, yakin banget bakal nama loe yang terkenal duluan. Nice to try, Bro!

Semua orang bakal jadi penulis kalau nulis itu mudah. Tapi, hanya orang terpilih aja yang bakal melewati itu dan menjadi the real writer king. Lengkapi smartphone loe dengan berbagai apps di atas!