Metaverse udah bukan hal baru lagi walau mungkin kita baru bakalan bisa benar-benar mengalami dunia virtual ini dalam beberapa tahun ke depan. Metaverse sendiri udah nggak terbatas di game aja, melainkan merambah ke hal lain, misalnya virtual meeting, konser virtual, perjalanan online, bahkan sampai mencoba pakaian digital untuk dibeli! Wow! Di masa depan, lo nggak harus keluar rumah buat ngelakuin itu semua. Cukup dengan avatar dan beberapa gadget lo bisa coba pengalaman yang nyaris sama (atau bahkan sama persis?) dengan pengalaman di dunia nyata.

 

Kerennya lagi, lo bakalan akrab sama gadget-gadget pendukung yang kudu lo punya kalau mau berinteraksi di metaverse. Saat ini, pantengin aja dulu gadget-gadget ini, siapa tahu dalam beberapa tahun ke depan lo bisa beneran beli dan ngalamin sendiri serunya dunia metaverse!

 

1. Virtuix Omni One

 

Main game sambil olahraga? Lo bisa banget melakukan itu kalau pakai Omni One ini. Selamat tinggal gaya nge-game yang boring, yang cuma bisa dilakuin sambil duduk berjam-jam di depan komputer. Dengan perangkat ini, lo bisa bergerak senyata karakter lo di game! Nggak ada yang pernah nyangka kalau sensasi bermain game akan jauh lebih terasa real di era modern. Thanks to para innovator dan investor yang memungkinkan gadget sejenis Omni One ini bisa terealisasi.

Gadget ini merupakan alat sejenis treadmill yang bisa lo pakai untuk berjalan dan berlari 360 derajat saat lo lagi bermain game atau menjelajahi dunia virtual. Perangkat ini juga bisa digunakan untuk melompat dan merunduk. Lo bisa beli perangkat ini satu paket dengan VR set dan game online-nya atau membeli treadmill-nya secara terpisah.

 

2. Tactile gloves (Reality Labs)

 

Gadget yang satu ini bentuknya kayak sarung tangan. Sarung tangan ini fungsinya sebagai sarung tangan touchscreen, yang bakalan kasih lo pengalaman menyentuh barang-barang seperti lo sentuh pakai tangan asli! Gadget ini memungkinkan lo buat ngerasain objek-objek, termasuk ngerasain berat sampai teksturnya. Nantinya, sarung tangan ini bakalan bikin seru pengalaman bersalaman, interaksi multi-person, saat makin game multiplayer sampai pengalaman virtual block-building. 

 

3. Wristband AR Sensors


Gadget yang satu ini udah dirilis sama Meta akhir 2021 lalu. Gadget ini bisa mendeteksi sinyal elektrik dari gerakan pergelangan dan jari tangan. Gerakan ini dikonversi menjadi komando, jadi lo bisa mengontrol beberapa perangkat. Bahkan, katanya, gadget ini bisa mendeteksi gerakan sekecil apa pun. Ke depannya, gadget ini akan terus diperbarui jadi punya lebih banyak fitur.
 

4. Cybershoes

 
Pengalaman jalan-jalan di metaverse juga harus optimal, dong, ya. Makanya cybershoes ini lagi dikembangin! Jadi, lo nggak cuma duduk doang, sedangkan avatar lo yang jalan-jalan. Tapi, lo bisa beneran jalan pakai cybershoes ini. Di bagian bawah sepatu ini ada roller yang memungkinkan lo bergerak ke depan dan belakang. Sepatu siber ini hanya perlu di-strap ke sepatu lo dan voila, lo bisa jalan-jalan pas lagi main game!
 

5. Teslasuit

 

Teslasuit diciptakan oleh VR Electronics Ltd dan diperkenalkan pertama kali di Consumer Electronics Show 2020. Gadget ini berbentuk full body clothing dengan banyak fungsi. Gadget ini menggunakan stimulasi electro-muscle yang memungkinkan tubuh lo beradaptasi sama kondisi di dunia virtual. Maksudnya, kalau lo pakai suit ini saat lagi main game, lo bahkan bisa ngerasain sensasi kena tembak!

Seiring  berkembangnya teknologi, nggak heran kalo beberapa gadget barusan bisa jadi penting di masa depan. Kalo lo sendiri, tertarik mencoba metaverse? Sebelum itu, pastiin koneksi internet stabil biar pengalaman lo jadi makin seru.