Udah bulan Oktober nih Bro artinya sekarang udah waktunya buat nyambut halloween. Perayaan tahunan ini biasa diikuti oleh banyak orang dari berbagai penjuru dunia dengan berbagai hal seram selama hampir satu bulan penuh.

Banyak banget film horor yang rilis di sekitaran bulan Oktober ini demi meramaikan perayaan halloween. Begitu juga dengan berbagai tempat hiburan atau tempat hangout yang biasanya langsung mengubah dekorasi mereka dengan tema horor. Tapi sayangnya, selama Oktober tahun ini lebih baik lo gak usah hangout dulu karena pandemi corona belum juga mereda.

Ada solusi lain supaya halloween lo di rumah tetap seru, yaitu dengan mainin berbagai judul game horor. Berikut ini adalah rekomendasi game horor dari gue buat nemenin momen bulan yang juga horor ini.

Outlast


Buat para digital adrenaline junkie dan juga gamer, siapa yang gak kenal dengan game satu ini. Outlast bercerita tentang seseorang yang mengeksplorasi bekas rumah sakit jiwa dengan suasana yang gelap dan mencekam cuma dengan berbekal sebuah handycam. Di dalamnya, karakter yang lo mainkan bakal dikejar-kejar oleh satu sosok yang seakan selalu tau posisi lo ada di mana.

Perasaan mencekam ini bakal menemani para pemainnya sampai ceritanya selesai. Ditambah mode first person yang diusung Outlast juga bikin jarak pandang semakin terbatas dan memberikan kesan teror yang lebih mencekam. Karena sukses keras, Outlast dibuatkan sekuel yang juga gak kalah seram, Bro!

Resident Evil 7


Resident Evil sempat tersesat ke arah genre action shooter dan meninggalkan genre survival horror yang membesarkan nama mereka. Resident Evil 7 yang dirilis tahun 2017 adalah jawaban keresahan fans terhadap menurunnya kualitas franchise tersebut.

RE7 sendiri bercerita tentang seorang pria bernama Ethan yang mencari istrinya setelah hilang dalam sebuah perjalanan. Semua jadi mencekam ketika petunjuk yang ia dapatkan membawanya ke sebuah rumah yang ternyata sudah terkontaminasi parasit misterius dan membuat sebuah keluarga bertingkah tidak wajar.

Sudut pandang first person dan ruangan-ruangan sempit bikin game ini makin mencekam. Gak seperti beberapa game sebelumnya, item slot di dalam inventory dan juga senjata yang bisa lo gunakan di game ini sangat terbatas. Siap-siap juga, lo bakal menemukan banyak banget jumpscare kalau mainin Resident Evil 7.

Dead Space


Suka action yang berpadu dengan suasana horor yang kental? Mungkin game ini adalah jawaban buat lo.

Dead Space sendiri kini udah punya tiga judul yang semuanya punya cerita berkaitan satu sama lain. Dead Space menceritakan tentang artefak alien yang dapat mengubah manusia, maupun makhluk lain yang dijangkitinya jadi makhluk buas dengan bentuk yang aneh.

Sound design yang ciamik dan juga mekanisme gameplay yang unik pada masanya bikin game satu ini dicintai penggemar horor maupun action.

Layer Of Fears


Bicara soal gameplay yang unik, lo harus coba Layer Of Fears. Game ini menceritakan tentang seorang seniman yang pulang ke rumah namun lama kelamaan mendapati ternyata dirinya terjebak dalam kondisi kejiwaan yang yang tidak stabil.

Seiring berjalannya game, lo bakal melihat ruangan yang ada di sekitar lo perlahan berubah, dan kadang memberikan kejutan dengan perubahan yang mengerikan. Game ini mendapat banyak respon positif karena dinilai punya style dan juga cerita yang gak biasa.

Amnesia: The Dark Descent


Kualitas grafis emang bukan fokus utama dalam game ini. Tapi, lo bakal merasakan teror sepanjang memainkan Amnesia: The Dark Descent.

Sesuai judulnya, karakter utama bernama Daniel hilang ingatan dan tidak tau alasan kenapa dirinya ada di sebuah bangunan besar berisikan monster-monster mengerikan. Hampir setiap ruangan yang lo masuki bakal memberikan pengalaman horor yang berbeda. Kerennya, monster mengerikan yang ada dalam game ini bakal muncul di tempat-tempat yang tak terduga dan seringkali player sedang tidak waspada ketika monsternya muncul.

Lo gak punya senjata, lo gak bisa melawan mereka, yang harus lo lakukan hanya lari dan menjaga agar karakter utama game ini tetap waras.

Selain beberapa judul di atas, apa lagi game horor yang menurut lo seru buat dimainkan selama bulan Oktober ini? 

Oh iya, beberapa game di atas juga udah mendukung VR loh Bro, siapa tau lo mau merasakan feeling horornya secara lebih nyata.