Jejaring sosial misalnya Facebook, tujuan dibuatnya emang digunakan untuk membagi dan menunjukkan sesuatu kepada orang banyak. Tapi tahu nggak sih, ternyata ada beberapa hal yang malah berdampak nggak baik jika kamu menuliskannya. Misalnya aja sebagai pemicu tindakan kriminal.

Nah, hal apa aja sih yang sebaiknya kamu hindari ketika menggunakan media sosial bikinan Mark Zuckerberg ini? Berikut adalah ulasannya.

You or your family's full birth dates

Kamu pastinya merasa senang ketika mendapat ucapan selamat ulang tahun dari teman-teman Facebook. Tapi, ada satu hal yang mungkin nggak kamu sadari. Mencantumkan informasi tentang ulang tahun secara lengkap, bakal memunculkan kesempatan untuk seseorang mencuri identitasmu.

Relationship status

Entah kamu sedang single atau in relationship, ada baiknya kamu nggak mencantumkan ini dalam informasi pribadi di Facebook. Selain menghindari potensi bullying dari orang yang nggak suka, menghilangkan informasi ini bakal memudahkanmu untuk berteman dengan siapa pun.

Your current location

Ada banyak orang yang suka mencantumkan lokasi keberadaan mereka di Facebook. Sebenarnya hal ini juga akan mengundang hal-hal yang nggak diinginkan. Misalnya saja, saat kamu berlibur ke suatu daerah wisata yang berada jauh dari rumah. Dengan mencantumkan lokasi keberadaanmu, akan memunculkan peluang bagi para pencuri menghampiri rumahmu.

You’re home alone

Masih berhubungan tentang keselamatan. Jangan sekali-kali kamu posting di Facebook yang intinya adalah menunjukkan kalau kamu sedang sendiri. Kamu nggak bakal tahu ada berapa banyak orang di luar sana yang punya niat buruk padamu.

Pictures of your kids tagged with their names

Alasannya sangat jelas, ini demi menghindarkan buah hati dari orang yang ingin berbuat jahat. Makin hari mereka juga makin melek teknologi lho, maka jangan memberikan kesempatan sekecil apa pun.

Meskipun fun, tapi ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar bermain Facebook makin nyaman dan juga aman.