Penggunaan password saat ini udah sangat familiar. Hampir semua hal membutuhkannya sebagai salah satu jenis pengaman paling paling recommended. Karena keberadaannya sangat penting, maka hal ini harus mendapatkan perhatian khusus. Pasalnya, para peretas saat ini juga udah makin canggih nih.

Nah, berikut adalah tips paling recommended untuk membuat password yang kuat dan susah diretas.

Gunakan huruf awal

Langkah pertama membuat password yang kuat, bisa dimulai dengan memilih sebuah frase lalu kemudian diambil masing – masing huruf depannya. Jadi, misalnya kamu mengambil kalimat experience is the best teacher, maka ambil huruf depannya menjadi EITBT.

Panjangkan Password

Setelah memakai huruf-huruf awal tersebut, maka tambahkan beberapa hal lain yang mudah kamu ingat. Boleh memakai nama apapun, misalnya aja Adobe. Jadi hasil kombinasi passwordnya menjadi EITBTAdobe. Makin panjang, maka makin susah diretas. Tapi, jangan karena terlalu panjang, malah jadi susah diingat.

Pakai simbol atau angka

Menambahkan simbol maupun angka adalah hal yang direkomendasikan dalam membuat sebuah password. Pasalnya, kombinasi kodenya bakal makin susah untuk diterka. Dari beberapa langkah sebelumnya, maka kombinasi yang bisa digunakan misalnya adalah EITBT5Adobe. Gunakan simbol atau angka yang paling familiar denganmu.

Ganti password secara teratur

Nggak hanya bikin password yang kuat aja nih, tapi kamu juga harus sering-sering mengubah kode tersebut dalam per periode tertentu. Langkahnya bisa mengikuti alur langkah yang pertama.

Cari source lain

Meskipun udah kuat dan melakukan perawatan yang bagus, kamu juga bisa mencari alternatif lain agar makin aman. Udah banyak tuh sumber di internet yang bisa kamu gunakan.

Yuk, aplikasikan beberapa teknik di atas agar password milikmu makin susah dibobol.