Loe dan smartphone ibarat Jason Mraz dan ukulelenya, susah dipisahin! Yup, kini benda elektronik super canggih itu udah jadi bagian hidup banyak orang. Bahkan sampai ada yang freak tuh! Meskipun berinteraksi setiap hari, banyak juga yang nggak tahu cara pakai smartphone yang baik tanpa memanfaatkan berbagai fungsi yang ada. Masa sih? Intip tips berikut deh, jangan-jangan loe salah satunya.

Memanfaatkan auto rotate

Sebagian besar smartphone punya fitur auto rotate, kalo punya loe nggak ada mending balikin gih. Nah, fitur ini digunakan agar loe lebih nyaman ketika memakai benda pintar itu.

Ilustrasi / © Shutterstock

Misalnya ketika browsing, nonton video atau pun melihat gambar. Hmm, tapi banyak nih yang ogah menggunakannya dan keukeuh pakai mode portrait padahal bikin bosan.

Volume control

Namanya juga smartphone, hal-hal kecil seperti volume pun diurusin detail. Hingga loe kadang pusing karena banyak sekali pengaturan volume pada setiap apps yang beda.

Ilustrasi / © Shutterstock

Biar nggak annoying saat main game atau nonton video, loe bisa mengatur volume di menu setting atau masuk apps dan atur seberapa kencang suaranya. Quite simple, tapi loe sering lupa yang beginian.

Autocorrect

Buat yang sok-sok Inggris tapi minim basic, autocorrect ini jadi senjata ampuh untuk memperbaiki grammar atau spelling. Nggak perlu ngetik satu kata utuh, karena bakal muncul pop up deretan kata yang bisa loe pilih.

Ilustrasi / © Shutterstock

Menggunakan autocorrect tetep harus aware, Bro. Jangan sampai loe ngantuk dan nggak bisa bedain antara ‘sit’ dan ‘s*it’. Just kidding!

Screen off timing

Lagi-lagi tips sederhana. But don’t underestimate it! Fitur ini hanya buat loe yang benar-benar aware terhadap efisiensi smartphone. Buat sebagian orang, 15 detik cukup buat iddle time. Tapi, loe bakal sering-sering unlock dan swipe ketika ada notifikasi.

Ilustrasi / © Shutterstock

Pilihan 1 menit pun nggak ada salahnya, mengingat loe nggak perlu membuang banyak waktu dan tenaga untuk unlock karena smartphone masih nyala. Tapi, resikonya baterai bakal cepat habis. Nah, harus cerdas kan?

Battery life

Musuh dari semua user smartphone adalah baterai, untungnya loe punya sahabat baik bernama power bank. Masalah klise ini sebenarnya bisa diakali dengan banyak jurus.

Ilustrasi / © Shutterstock

Mulai mengatur auto screen off, akhiri aplikasi yang nggak terpakai hingga matiin koneksi nirkabel. Lagian jomblo juga, nggak perlu loe nungguin notifikasi yang kebanyakan PHP. Matikan dan baterai bakal super awet.

Mudah-mudahan tipsnya berguna. Sekali lagi, meskipun simple loe kadang suka melupakan hal-hal seperti ini.