Beberapa tahun terakhir fotografi lewat smartphone emang lagi hype banget. Banyak orang yang lebih memilih menggunakan ponsel untuk mengambil gambar karena lebih praktis disamping kualitasnya juga nggak terlalu jelek. That’s why para vendor selalu menyematkan spesifikasi kamera beken dalam setiap rilisan smartphone-nya.  Tapi, hal berbeda dilakukan oleh mantan penguasa ponsel pintar di Indonesia, Blackberry.

Yup, jika kebanyakan pabrikan mengeluarkan smartphone dengan fitur kamera yang keren abis, si vendor asal Kanada justru menghilangkannya. Bernama Blackberry Classic, kamu nggak bakal menjumpai kamera depan atau belakang di gadget ini. Wah, susah selfie dong?

Tentunya Blackberry punya alasan tersendiri kenapa sampai harus menghilangkan kamera di produk besutannya yang baru tersebut. Dilansir dari FoneArena, perusahaan yang tengah berjuang bangkit ini emang sengaja memperkenalkan produk tersebut untuk kalangan profesional yang nggak pengen terganggu dengan hadirnya kamera. Tanpa hasrat buat foto, bisnis pun bakal lebih fokus kata mereka. Masuk akal sih!

Mengorbankan kamera, tentunya ada kelebihan lain dong? Kalau ini kamu nggak usah khawatir karena Blackberry Classic punya spesifikasi yang yahud banget. Mulai layar 3,5 inci, Qwerty, prosesor dual core 1,5 Ghz, RAM 2GB hingga memori internal sebesar 16 GB dan bisa ditambahkan microSD sebesar 128 GB. See? Lumayan banget!

Buat kamu yang berminat, si Blackberry minus kamera dijual dengan harga sekitar USD 400 atau sekitar Rp 5,1 juta. For you information, seri ini lebih murah USD 50 dari varian normalnya. Tertarik?