Udah menjadi rahasia umum jika anak-anak Indonesia emang berbakat banget. Nggak hanya menjuarai kompetisi yang bertaraf internasional aja, akhir-akhir ini anak-anak terbaik bangsa juga menciptakan berbagai aplikasi berbasis mobile yang keren banget.

Nah berikut adalah aplikasi-aplikasi buatan anak negeri yang patut kamu simak.

KLIKMUSIK

Nggak berlebihan jika aplikasi ini disebut sebagai music store-nya Indonesia. Pasalnya, aplikasi ini memiliki fitur yang hampir sama dengan aplikasi music store yang lain namun tentunya dengan berbagai keunggulan. Salah satu keunggulannya adalah mampu untuk mengunduh lagu tanpa harus berlangganan. Nggak perlu takut jika musik yang akan diunduh ngga ada. Pasalnya KLIKMUSIK telah bekerja sama dengan 15 label musik ternama di Indonesia. Saat ini aplikasi ini hanya dibuat untuk Blackberry aja, namun pihak Hyper Lab Technologies berjanji akan membuatnya dalam versi android.


Mata-Daun
desakupinter.com
Aplikasi keren ini emang khusus dibuat untuk membantu pertanian. Salah satu fitur yang diunggulkan pada aplikasi ini adalah proses perhitungannya yang akurat dan mudah. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu memfoto daun tanaman seperti padi maupun kedelai, dan kemudian akan muncul secara otomatis berapa kisaran pupuk yang harus digunakan. Keren banget ya. Dengan aplikasi ini, maka petani nggak perlu susah untuk menghitung berapa jumlah pupuk yang harus dibelinya. Rahasia aplikasi ini ternyata adalah berdasarkan pemrosesan kadar nitrogen dan klorofil pada foto daun yang diambil.

Proses tersebut hampir mirip peralatan penghitung klorofil buatan Jepang yang harganya hampir 20 juta. Hemat banyak banget tuh dengan implementasi aplikasi ini!

BandrOS
bisnisaceh.com
Ternyata nggak hanya aplikasi keren aja yang dibuat oleh anak-anak Indonesia. Di Bandung bahkan ada yang bisa membuat suatu sistem operasi. Kerennya lagi dengan menggunakan sistem operasi ini, para pengembangnya mengklaim akan membuat penggunanya aman dari penyadapan. Dan ternyata keunggulan itu emang benar, terbukti dengan mulai banyaknya orang termasuk anggota DPR memakai ponsel dengan sistem operasi ini. Selain keren, harga bundling handphone dan sistem operasi BandrOS ini bisa dibeli hanya dengan harga sekitar 800 ribu rupiah aja. Murah Banget Kan?

Nah, udah terbukti ternyata Indonesia ngga kalah canggih dari pada pengembang luar negeri. Tunggu aja, pasti bakal ada aplikasi-aplikasi keren lain buatan negeri sendiri.