Apple salah satu brand teknologi terbesar saat ini emang terkenal dengan ide-idenya yang nyeleneh saat membuat sebuah gadget. Masih segar di ingatan bagaimana mereka tidak menyertakan charger dalam box penjualan iPhone 12 series. Meski awalnya dicibir banyak orang, ternyata brand seperti Xiaomi dan Samsung udah mulai mengikuti langkah tersebut dengan ponsel flagship terbaru mereka.

Sekarang tampaknya Apple sedang membuat inovasi unik lainnya yang bakal jadi sebuah langkah maju di dunia gadget. Mereka ingin mengintegrasikan pakaian, terutama jaket dengan produk milik mereka.

Apple sedang mengerjakan sebuah teknologi tombol pada kain yang melansir T3 disebut ‘smart fabric button’. 

Seperti apa cara kerjanya?


Dalam sebuah file paten yang dipublikasikan, tombol dalam kain ini akan dibuat dengan bahan yang konduktif alias bisa menghantarkan sinyal sentuhan dari tangan. Tombol tersebut bakal tersambung dengan sebuah sensor yang ada di dekatnya.

Rencananya, tombol pada kain ini bakal dapat memberikan perintah-perintah dasar buat iPhone atau produk Apple lainnya.

Sensor lain yang dikembangkan dan bakal bisa dideteksi oleh smart fabric ini adalah mulai dari optical sensor, hingga ultrasonic dan three dimensional sensor.

Teknologi tersebut emang masih sebatas paten yang sedang diteliti, tapi bukan gak mungkin dalam waktu dekat lo bisa melihat pakaian yang tersambung secara real time dengan perangkat yang sedang lo bawa, Bro!