Untuk pertama kalinya, Apple menyediakan jasa yang bisa dinikmati dengan brand lain. Semua fitur ada, cuma minus video, bahkan dirancang agar akrab dengan pengguna Android.

Walaupun ekonomi lagi lesu, pasar Android ternyata justru menghangat. Menurut Worldpanel, Android market share naik 77 persen di Cina, 60 persen di Jepang, 79% di Jerman dan 90% di Spanyol. Enggak mau ketinggalan dong, Apple Music pun melebarkan sayapnya, bisa dinikmati dengan Android.

Semua fitur Apple Music, kecuali music video, bisa diakses dengan Android. Seperti dilansir Tech Crunch, ini adalah terobosan Apple yang biasanya hanya merilis jasa di gadgetnya sendiri aja. Menurut Apple, pelanggan Apple Music suka akan kelebihan kurasi musik di dalamnya.

Untuk versi android sendiri baru versi Beta yang diluncurkan di semua negara yang ada Apple Music, kecuali Cina. Cina sendiri sudah direncanakan akan terlambat rilisnya. Sama dengan versi iOS nya, ada tiga bulan langganan gratis dan harganya juga sama.

Apple Music juga mencatat pembelian musik yang ada, jadi kelihatan kebiasaan penggunanya. Enggak perlu takut bakal bingung kalau enggak biasa dengan user interface Apple, sebab khusus untuk Android sudah didesain agar familiar bagi pengguna setianya.

Ini adalah app Apple pertama yang tersedia di Android, sebelumnya hanya produk dan tool migrasi saja. Untuk mengaksesnya pengguna harus punya Apple ID.