Main YouTube ternyata nggak cuma Click & Play saja, Bro, loe bisa bereksplorasi dengan situs berbagi video ini. Berikut adalah beberapa trik menarik yang patut loe kuasai agar bisa menjadi Sarjana YouTube.

1. Coba loe tambahkan tulisan GIF di depan alamat URL dari video YouTube yang loe lihat. Seperti ini, Bro.

Kemudian loe akan dibawa ke GIF YouTube. Tempat ini adalah untuk membantu membuat GIF file, termasuk durasi dan penambahan captions.

2. Gunakan Hashtag #NamaArtis untuk membawa loe ke halaman topic dari musisi tersebut. Di halaman tersebut, loe bisa menemukan album-album musisi favorit loe yang dikemas dalam video playlist.

3. Musixmatch adalah sebuah ekstensi Chrome yang bisa didapatkan secara gratis untuk menampilkan lirik pada video musik yang sedang loe nikmati. Ekstensi ini punya tujuh juta lirik dalam 32 bahasa yang berbeda, Bro.

4. MooMa.sh seperti “Shazam” untuk YouTube, Dailymotion, dan Vimeo. Situs ini bisa mengidentifikasi lagu-lagu yang muncul di berbagai video. Tinggal copy dan paste URL YouTube ke MooMa.sh dan biarkan teknologi bekerja untuk loe, Bro.

5. Kesal karena video YouTube terus-terusan memainkan video lain setelah video loe selesai ditayangkan? Temukan tombol “Autoplay” di pojok kanan atas dan klik untuk mematikan fitur tersebut. Kalau dimatikan, slider itu akan berubah warna dari biru ke abu-abu, Bro.

6. Mainkan video dengan tayangan yang lebih besar dengan klik “Theater Mode.” Tombol itu bisa loe temukan di pojok kanan bawah dari video player.

 7. Coba mainkan Hotkeys, atau tombol-tombol keyboard untuk memberi perintah pada video player YouTube.
- k = pause atau play
- j = mundur 10 detik
- l = maju 10 detik
- m = mute / mode tanpa suara
- Number 0 = balik ke bagian awal video.
 - Numbers 1 hingga 9 = meloncat ke bagian 10% hingga 90% dari video tersebut.
Ketik caption dinyalakan:
 - (+) = supaya font caption lebih besar.
-  (-) = supaya font caption mengecil.

9. Kalau loe merasa kesulitan saat melihat video tutorial, klik ikon gear, pilih menu Speed, kemudian pilih kecepatan 0.5 atau 0.25 untuk memainkan video dalam slow motion.

Itulah beberapa tips dan trik buat loe untuk memainkan YouTube dengan cara yang berbeda. Jangan lupa selalu eksplor karena YouTube getol banget buat kasih update fitur-fitur terbaru. Selamat mencoba, Bro.