Teknoup.com --- BlackBerry baru saja meluncurkan Project Ion, sebuah proyek yang ditujukan untuk menghubungkan segala sesuatu dengan internet seperti kendaraan, sensor video rumah, dan sebagainya. Melalui layanan ini maka semua perangkat akan terhubung ke internet secara aman ke dalam awan internet.

Pengumuman ini dilakukan oleh Alec Saunders, wakil presiden layanan cloud BlackBerry pada konferensi O'Reilly Solid yang berlangsung di San Francisco. Alec Saunders pada kesempatan tersebut juga mengundang para developer untuk membuat aplikasi di platform yang diajukannya tersebut.

Project Ion pada dasarnya adalah sebuah backend awan internet dengan software QNX BlackBerry di dalamnya. Melalui platform tersebut semua informasi bisa terhubung ke semua perangkat dan dapat diakses dimanapun melalui software berbasis QNX seperti dari kendaraan atau yang lain. BlackBerry juga menyediakan dokumentasi untuk developer dan kemungkinan akan membuka sebagian QNX menjadi open source sehingga developer bisa membuat aplikasi yang bisa terhubung ke awan QNX tersebut menggunakan bahasa pemrograman lain seperti JSON, C, Node dan lain-lain.

BlackBerry berencana untuk membuka program beta di musim panas ini melalui undangan dan akan memasuki publik beta sekitar musim gugur mendatang dan direncanakan akan diluncurkan secara formal sebelum bulan Februari 2015 mendatang.