Di tahun 2017, Olympus merilis kamera mirrorless E-M10 III yang ditujukan buat pemula. Generasi terbaru buat kamera ini dirilis di 2020 dengan nama Olympus E-M10 IV. Begini spesifikasinya.

Olympus masih menyasar pengguna mirrorless pemula untuk kamera barunya tersebut. Namun ada beberapa fitur baru yang di-upgrade dari versi terdahulu yang dirilis 2 tahun lalu.

Secara desain, Olympus E-M10 IV memang masih mirip dengan generasi sebelumnya. Namun di sektor layar, engsel baru ditambahkan sehingga layar kamera ini bisa dilipat ke bawah untuk memudahkan dalam membuat konten pribadi.



Di bagian sensor, Olympus menyelipkan MFT (Micro Four Third) dengan resolusi 20MP. Prosesor yang digunakan untuk pengolah gambar adalah TruePic VIII. Keduanya juga baru dan berbeda dari generasi III.

Peningkatan ini diikuti dengan kemampuan lain yaitu perekaman video hingga resolusi 4K di 30fps. Penstabil dalam body kamera juga membuat hasil perekaman akan lebih smooth.

Deretan fitur lain yang dihadirkan antara lain sistem autofocus contrast detect, burst shot hingga 5fps, viewfinder OLED, dan pengecasan via USB.

Olympus OM-D E-M10 IV rencananya akan dirilis September 2020 dalam dua varian warna yaitu hitam dan silver. Banderolnya USD 700 untuk body-only. Ada juga paket dengan lensa M.Zuiko Digital ED 14-42mm f/3.5-5.6 EZ dengan harga USD 800.