Di peluncuran Samsung Galaxy S21, sebuah pengumuman dibuat. Samsung nggak bakal menyertakan lagi charger dan headset di paket penjualan.

Kotak penjualan Samsung Galaxy S21 yang dirilis 14 Januari 2021 hanya berisi smartphone dan kabel USB-C saja. Nggak seperti di versi terdahulu yang masih menyertakan kabel, kepala charger, dan headset kabel dari Samsung.

Bertahap, seperti dijelaskan Samsung, mereka akan mulai berhenti menyertakan charger dan juga headset buat produk Samsung yang lainnya. Sampai saat ini mereka menyebut alasannya adalah buat ikut berkontribusi menjaga kelestarian alam.

Tapi tentu Samsung nggak menutup kemungkinan handphone barunya nanti akan punya aksesori pelengkap yang diikutsertakan dalam paket penjualan. Hanya saja buat charger, Samsung sudah resmi akan menghapusnya dari daftar.

Aksesori seperti S Pen buat Samsung Galaxy S21 Ultra pun dijual Samsung secara terpisah. S Pen ini juga tidak akan berfungsi di ponsel Samsung yang lain kecuali di lini Galaxy.

Tapi versi lama dari smartphone Samsung yang sudah dirilis seperti S20 dan Note 10 yang merupakan produk tahun lalu akan tetap punya charger dalam boksnya. Yang tidak punya hanya produk baru yang bakal diproduksi ke depannya.

Namun mungkin saja keputusan ini juga akan berubah. Terserah Samsung!