Cyberpunk 2077 adalah salah satu judul yang paling ditunggu perilisannya tahun 2020 ini. Gimana enggak, CD Projekt Red sebagai developer udah mengumumkan pengembangan game ini sejak tahun 2013 lalu dengan sebuah still image yang sangat memukau. Cyberpunk 2077 sendiri punya konsep yang sangat unik berlatar dunia masa depan di mana manusia hidup dengan bantuan mesin pada tubuh mereka.

Pada gelaran E3 2019 lalu, developer memberikan sebuah kejutan dengan mengumumkan bahwa Keanu Reeves adalah salah satu karakter penting dalam game tersebut dengan nama Johnny Silver Hand. Bahkan sang aktor adalah pengisi panggung ketika mereka mengumumkan tanggal rilis beserta trailernya.

Tapi setelah dirilis pada bulan Desember 2020, game ini justru menuai banyak kritik. Bahkan banyak yang menyebutnya sebagai “game yang belum beres.”


Kenapa ya?

Ternyata ini berangkat dari fakta bahwa banyak banget bug yang dirasakan para player di dalam game. Bahkan dalam versi PS5, dengan mesin berteknologi paling canggih pun masih banyak kesalahan yang terjadi di dalam game ini. Mulai dari AI dan para NPC yang tidak sinkron, hingga map di dalam game yang tiba-tiba menghilang. 

Versi PS4 lebih parah lagi, banyak banget player yang melaporkan bahwa konsol mereka nyaris gak kuat untuk memainkan Cyberpunk 2077. Kualitasnya untuk versi PS4 bahkan bisa dibilang buruk. Game ini gak berjalan optimal di mesin konsol generasi sebelumnya.

Menanggapi hal ini, pihak pengembang meminta maaf dan berjanji melakukan refund kepada mereka yang menginginkannya. Sony bahkan menarik Cyberpunk 2077 dari PlayStation Store belum lama ini karena review yang buruk.


Para gamer yang terlanjur membelinya pun menuntut agar CD Projekt Red mau memberikan update yang bisa mereka download untuk memperbaiki bug yang ada. Soalnya emang grafis dari game ini terlalu indah untuk dilewatkan. Banyak gamer yang mengaku cuma butuh pengalaman bermain yang nyaman ketika memainkan Cyberpunk 2077.