Teknoup.com --- Kabar mengenai rencana kehadiran fitur split screen real multitasking di sistem operasi iOS 8 kembali beredar. Seorang developer baru saja menemukan bahwa kode-kode untuk menjalankan fitur ini sudah tertanam di iOS 8 beta 1, hanya saja belum ''diaktifkan''.

Diduga kuat bahwa fitur ini masih berada dalam tahap pengembangan dan masih memiliki banyak error yang mengganggu, sehingga Apple lebih memilih untuk tidak memamerkan fitur ini terlebih dahulu untuk saat ini.

Menariknya, Smith (sang developer tersebut) mengatakan bahwa ukuran tampilan masing-masing aplikasi saat menjalankan fitur split screen di iOS 8 dapat diatur. Tersedia 3 pilihan ukuran, yakni 1/4 vs 3/4, 1/2 vs 1/2, dan 3/4 vs 1/4. Sehingga pengguna dapat leluasa memilih aplikasi mana yang ingin lebih dominan di layar. Misalnya sang pengguna sedang mengetik dokumen sambil memantau Twitter, dia dapat mengatur aplikasi Office pada ukuran 3/4 dan aplikasi Twitter pada ukuran 1/4.

Kemungkinan besar, Apple akan mengaktifkan fitur ini pada saat iOS 8 versi final dirilis. Kita nantikan saja kehadirannya.