Player Unknown Battlegrounds atau PUBG jadi salah satu game mobile paling besar di seluruh dunia. Mereka memiliki liga atau turnamen yang terstruktur dengan hadiah yang sangat besar, seperti PUBG Mobile Star Challenge Finals 2018 yang berhadiah 600 ribu dollar.

Turnamen tersebut merupakan versi khusus untuk mobilenya dari game battleroyal yang juga ramai di PC. Bahkan mereka jadi salah satu acara Esport yang paling ramai disiarkan secara live. Tak hanya itu, PUBG juga jadi game paling laris di Google Play di berbagai negara.

Namun, kini ada game yang bersiap-siap untuk menyalip PUBG yakni Free Fire. Game yang dibuat oleh Garena itu sama dengan PUBG, namun mereka menyediakan ruang bagi 50 orang pemain yang bertahan hidup. Tersedia di IOS dan Android, Free Fire kini sudah mencatatkan angka 100 juta download sejak dirilis pada 4 Desember 2017.



Bahkan ajang Free Fire World Cup 2019 lalu menyedot perhatian gamers lebih besar daripada PUBG Mobile Star Challenge Final yang digelar pada 2018 lalu. Berdasarkan data Esport Charts rata-rata Free Fire mengumpulkan 630.931 viewers pada lima jam penayangannya dan puncaknya mencapai 1 jutaan.

Sementara PUBG Mobile Star Challenge Final hanya menghasilkan jumlah rata-rata 174.992 viewers dan puncaknya mencapai 418.340. Ada faktor yang membuat Free Fire laris manis, yakni kemudahannya dan dapat dimainkan di berbagai device. Mereka bisa dimainkan pada device low-end karena grafis yang dibutuhkan game tersebut tak terlalu menguras seperti PUBG.

Dan untuk Free Fire para pemain harus menembakkan beberapa kali agar musuh tersebut jatuh atau kalah sedikit berbeda dengan PUBG yang membuat para pemainnya jatuh hanya dalam beberapa kali tembakkan. Anda sendiri lebih suka yang mana nih?