Tinder sekarang enggak cuma berguna buat nyari pacar bro. Baru-baru ini aplikasi yang ditujukkan untuk mencari teman kencan tersebut, bekerjasama dengan National Health Service Blood and Transplant, UK. Tujuannya, membantu mempermudah orang mencari organ tubuh semudah mencari teman kencan, bro.

Tapi peran Tinder gak cuma sampe situ aja. Aplikasi ini ternyata memang benar-benar bisa memperbesar peluang bertemunya seorang donor organ dengan resipiennya. Sally Johnson selaku Direktur Bidang Donasi dan Transplantasi Organ, NHS mengatakan, sesorang yang merelakan dirinya untuk menjadi donor organ, berpotensi menyelamatkan nyawa 9 orang.

“Sejauh ini, hanya sepertiga dari populasi Inggris yang mendaftarkan diri mereka di NHS. Jutaan lainnya menunjukkan dukungan tetapi belum benar-benar mengambil langkah terakhir, yaitu mendaftar,” ujar Johnson
Sejumlah selebriti di Inggris, termasuk peraih mendali emas Olimpiade, Jade Jones turut ambil bagian dalam kampanye ini, dengan memasang profil sebagai pendukung donasi organ di Tinder. Inisiatif yang sama juga dilakukan oleh Sean Rad, CEO Tinder di London Evening Standard saat ia membahas kehidupan seksnya, bro.
Jangan sepelekan urgensi melakukan donor organ, bro. Dari data yang dimiliki NHS, ada sekitar 7.000-an orang yang sedang menunggu organ untuk transplantasi. Sedangkan 6.000 lainnya meninggal dunai selagi masih di daftar tunggu.

Sama halnya dengan Tinder. Beberapa pengembang aplikasi kencan lainnya, malah ada yang memasang peringatan HIV, agar bisa dilihat oleh penggunanya, bro. Bahkan, Grindr pun kini mendorong penggunanya untuk melakukan tes HIV dengan menunjukkan tempat tes terdekat.