Berita baik buat loe yang doyan main game, bro. Game ternyata terbukti baik buat ingatan! Dan asyiknya, ini hasil studi ilmiah bro. Sekelompok neurobiologis dari University of California yang baru saja melakukan penelitian terhadap efek bermain game. Mereka meneliti efeknya terhadap kondisi otak pemainnya.

Hasil penelitiannya ternyata menggembirakan, bagi pemain dan produsen game. Bahwa bermain game dapat membantu meningkatkan memori pemainnya. Tapi, ada tapinya nih, kondisi ini berlaku ketika seseorang bermain game 3D dan bukan sebaliknya (bermain game 2D).

Dari penelitian ini diketahui bahwa kalau orang yang bermain game 3D mampu meningkatkan nilainya ketika melakukan tes yang berhubungan dengan kegiatan belajar dan ingatan. Ini arena game 3D memiliki beberapa hal yang tidak dimiliki game 2D, dan efeknya menstimuli otak pemainnya.

Contohnya informasi spasial dan lebih kompleks dengan lebih banyak informasi yang dapat dipelajari. Tidak tertutup kemungkinan game 3D bisa membantu mereka yang pikun. Dalam penelitian ini, responden dibagi ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama memainkan game 2D yaitu Angry Birds, sedangkan kelompok kedua memainkan game 3D yakni Mario 3D World. 

Yuk, lanjutin mainnya deh!