Kalau negara-negara seperti Jerman, Spanyol, Brasil, Perancis, Meksiko India dan Israel udah pernah ngerasain Launchpad Week, sekarang giliran Indonesia yang ngadain pekan khusus untuk startup tahap awal ini, bro.

Launchpad Week adalah program pre-inkubasi selama satu minggu untuk pelaku bisnis digital tahap awal. Fokusnya pada strategi produk, UX dan UI, teknologi, pengembangan bisnis serta keterampilan prestasi.

Dan untuk pertama kalinya, Google mengadakan program ini di wilayah Asia Tenggara di Jakarta, bro. Selama 5 hari, oleh para mentor, di acara yang merupakan bootcamp bagi startup pemula ini, peserta akan digodok untuk dapetin pengetahuan seputar dunia rintisan digital.

“Launchpad Week ini merupakan yang pertama di Indonesia, pertama di Asia Tenggara, dan negara Asia pertama setelah India. Semuanya serba pertama,” ujar Erica Hanson selaku Developer Relations Program Manager Google.

Ada beberapa daerah yang kebagian startup awal ini, bro. Daerah tersebut adalah Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya. Total juga ada 13 startup yang terpilih mengikuti ajang ini dan 30 mentor yang berpartisipasi.

Startup pun diikuti oleh Obralindo, Paket ID, Lunasin, GoArchipelago, Elitics, Technologies, LabConX, Qiimee, Veryfund, Rekreasy, Joobelee, GetVet, Rumah Bengkel, dan juga Asuransi 88. Para startup pun, udah disaring dari yang sebelumnya mencapai 140 startup pada awal mendaftar, bro.

Mentornya pun juga berasal dari Negara Indonesia, Malaysia, Singapura sampai India, bro. Mereka emang yang udah ahli di bidangnya masing-masing. Selain itu, beberapa startup akan diundang untuk datang ke kantor Google Indonesia buat dapet pembekalan tambahan.

Bagi loe yang gak ikut tahun ini, tenang aja, bro. Karena di tahun 2016 nanti pun, acara ini juga akan diadakan di Indonesia. “Kami akan kembali mengadakan cara Launchpad Week, mungkin tahun 2016 mendatang,” tutup Hanson.