Teknoup.com --- Acara konferensi Google I/O yang berlangsung mulai kemarin membawa beberapa hal menarik. Selain Android L dan smartwatch Android Wear, Google juga mengumumkan sebuah teknologi baru yang bisa diaplikasikan oleh para pemilik smartphone Android yaitu virtual reality. Untuk tujuan tersebut maka Google menyediakan cardboard, kertas karton pracetak yang bisa dibentuk menjadi headset untuk menonton tampilan virtual reality 3 dimensi dengan smartphone Android sebagai layarnya.

Cetakan cardboard dapat dibuat sendiri jika diinginkan, ditambah karet velcro, magnet, dan lensa untuk kemudian dirakit menjadi satu kesatuan. Setelah selesai dirakit, Cardboard bisa digunakan pengguna untuk melihat YouTube, menjelajahi Google Street View atau melihat Himalaya melalui Google Earth.

Tren cardboard ini ternyata cukup populer, terbukti dengan telah disediakannya produk tiruan / kloningan dari paket cardboard ini yang dijual lewat internet. Harga paket cardboard tiruan ini adalah 20 dolar ditambah 4 dolar untuk pengiriman (di Amerika Serikat), berisi cetakan cardboard, lensa, magnet, karet gelang, dan velcro yang kemudian bisa dirakit sendiri dalam waktu 5 menit.

Bagi mereka yang menginginkan membuat cetakan cetakan cardboard dan mencoba sendiri, dapat membuatnya melalui contoh yang dapat dicetak di tautan ini atau dengan menunjungi g.co/cardboard. Setelah itu silakan unduh aplikasi virtual reality-nya di Google Play Store. Selamat mencoba.