Teknoup.com --- Google terus mengembangkan bisnisnya, termasuk penyempurnaan di bisnis inti yaitu mesin pencari. Selain berbasis teks, Google nampaknya mulai menjajaki upaya pencarian video yang lebih canggih, salah satunya melalui pendekatan kepada perusahaan pengembang Baarzo, aplikasi pencarian video dengan cara baru.

Informasi ini diungkap oleh beberapa sumber Techcrunch. Meski begitu belum diketahui pasti apakah telah terjadi kesepakatan final antara Google dengan Baarzo atau masih dalam tahap negosiasi. Kedua perusahaan juga menolak untuk berkomentar dan Google hanya menjawab bahwa pihaknya tidak berkomentar terhadap rumor atau spekulasi. Namun demikian ada sebuah informasi yang telah diposkan di Facebook yang memberikan ucapan selamat kepada Baarzo atas proses akuisisi tersebut.

 

 

Baarzo adalah sebuah aplikasi pencarian video yang didesain memiliki kecerdasan seperti manusia. Pengguna bisa mencari sebuah momen yang ada dalam sebuah video, misalnya momen saat seorang pemain basket sedang mencetak skor dalam sebuah klip pertandingan basket. Tidak seperti pencarian Google dan Youtube yang hanya mengevaluasi teks dari sebuah video, teknologi pencarian Baarzo akan menganalisa konten video yang ada dan mengenali ratusan ribu obyek dan jutaan wajah serta menemukan secara tepat ketika obyek yang dicari berinteraksi sebagaimana yang sedang dicari penggunanya.

Kemampuan ini sangat menarik dan akan bermanfaat besar bagi Google. Selain untuk Youtube, Baarzo juga bisa dimanfaatkan menyatukan pencarian di internet secara universal. Mantan CEO Google, Eric Schmidt, dikabarkan juga terkesan oleh demo teknologi tersebut yang ditampilkan saat wisuda pascasarjana di Stanford Graduate School of Business, yang diikuti oleh co-founder dan CTO Baarzo Siva Yellamraju.