Kamera 360 mungkin memang salah satu gadget yang harus loe punya di 2017. Tapi jangan kepikiran buat beli handphone yang di-bundle sama kamera 360 ya bro. Karena bentuknya jadi aneh banget.

Seperti Protruly Darling yang dipamerkan di acara Mobile World Congress ini. Sebuah ponsel pertama di dunia yang membenamkan kamera 360 secara langsung.

Protruly Darling punya body yang panjang banget untuk ukuran sebuah smartphone. Panjangnya mungkin akan mengingatkan loe pada kotak pensil kayu yang pernah loe pakai waktu SD.

Panjang yang nggak wajar ini karena di bagian atas bezel ponselnya ada dua kamera berlensa fish eye yang bisa menangkap gambar dan video 360 derajat. Di bawah kamera itu ada lis emas murni seberat 3.08 gram.

Selain kamera 360-nya nggak ada yang terlalu spesial di Protruly Darling. Resolusi layarnya pun terbilang standar hanya 1920 x 1080, kamera 13MP di belakang dan 8MP di depan, dengan OS Android dan RAM 4GB.

Dibuat oleh sebuah perusahaan asal Shenzhen, Protruly Darling memang keliatannya terobosan banget. Tapi ukuran dan bentuk ponsel ini yang agak nggak wajar mungkin bikin orang juga males buat beli.

Karena mending beli kamera 360 terpisah aja. Toh harganya nggak jauh beda kok. Hahaha....