Perkembangan gadget macam smartphone saat ini semakin menggila bro. Berbagai fitur dijejalkan oleh produsen handphone. Tapi bro, dalam beberapa hal, handphone jadul ternyata lebih pintar bro! Handphone lawas ternyata lebih canggih menangkap sinyal dibandingkan smartphone.

Ini merupakan hasil studi oleh Ofcom, salah satu regulator industry. Mereka menemukan perangkat telepon jaman dulu itu memberikan kinerja yang lebih baik untuk melakukan panggilan telapon ataupun untuk mengirim pesan teks disbanding perangkat Apple atau Samsung sekalipun.

Pengujian ini dilakukan dalam laboratorium ini hasilnya menunjukan bahwa meskipun dikemas dengan teknologi yang mumpuni, namun smartphone masih kalah canggih dalam hal mengambil sinyal dibandingkan handphone jadul.
Selain itu bro, dalam penelitian Ofcom juga menemukan bahwa beberapa smartphone memerlukan sinyal minimum lebih kuat dibandingkan handphone jadul untuk membuat atau menerima panggilan telepon. Dengan temuan Ofcom ini, semakin mendukung bahwa penggunaan kaca dan logam yang digunakan pada smartphone mempengaruhi pengambilan sinyal bro.

Nah lo, berani back to basic?