Pencurian identitas di internet kini lagi marak Bro. Hati-hati! Terutama buat yang berhubungan dengan kartu kredit yang loe punya. Waaah, bisa bahaya!

Kalau loe merasa ada sesuatu yang mencurigakan pada akun atau salah satu tagihan kartu kredit loe, sebaiknya langsung menghubungi bank untuk melaporkan kejadian tersebut. Biasanya, bank akan mengajukan laporan dengan pihak berwenang. Di sini, tugas loe adalah harus menyimpan salinan data dari sejumlah laporan yang disampaikan kepada bank.

Lalu, cobalah untuk menghubungi biro kredit. Dengan loe mengadu kepada biro tersebut, loe memungkinkan mereka untuk menempatkan kartu kredit loe pada tempat yang semestinya. Hal tersebut juga akan membuat pelacakan kartu kredit lebih mudah untuk diselidiki.

Gak sampe situ aja. Data loe juga akan dilacak dari situs online yang pernah loe kunjungi untuk membeli sebuah barang. Jika memang terhubung ke situs-situs tersebut, nantinya informasi data akan dihapus sehingga loe punya kontrol atas kartu tersebut.

Meskipun jarang ada yang mengalami kasus ini, lebih baik loe lebih hati-hati, bro. Pasalnya, identitas bisa digunakan gak cuma buat belanja aja, tapi juga buat mengatur akun baru atas nama loe. Dan dengan antisipasi ini, loe bisa bertaruh untuk meninjau kembali pernyataan yang loe lontarkan, atau masuk dalam aplikasi mobile banking untuk melihat kembali transaksi yang sudah loe kirim.

Nah, gak cuma uang tunai aja, bro. Kartu kredit pun bisa dicuri tanpa sepengetahuan loe. Tetap safely ya!