Cowok-cowok biasanya suka pakai satu t-shirt berkali-kali atau jarang ganti kaus kaki. Kadang-kadang lalu bertanya ini sebenarnya bau atau nggak sih? Tapi meyakinkan diri kalau jawabannya nggak bau. Tapi masalah bau atau nggak ini memang agak tricky, ya gak?

Sebuah perusahaan asal Jepang bernama Birdman Inc. menemukan solusi nih untuk menentukan apakah baju yang loe pakai sudah masuk kategori bau atau nggak. Nggak cuma baju sih, bisa juga kaus kaki, atau bahkan mungkin badan loe.

Birdman Inc. menciptakan sebuah device bernama New Nose. "Robot" berbentuk hidung ini punya kemampuan untuk mengendus aroma dari kain. Jadi bermanfaat banget kan buat yang ingin tahu apakah sneakers mereka sudah harus dicuci karena bau atau apakah baju ini masih bisa dipakai lagi, misalnya.

New Nose memiliki sensor penciuman yang tajam, yang kemudian akan memutuskan apakah sesuatu itu bau atau tidak. Alat ini akan mengeluarkan cahaya keunguan kalau mendeteksi sesuatu dengan bau tidak sedap. Sementara untuk benda yang masuk kategori berbau "aman" alias masih fresh gitu diberi warna biru.

Menarik ya?



Sayangnya New Nose bukanlah produk komersial bro. Meskipun alat ini berguna yah terbilang penting buat kehidupan sehari-hari apalagi buat cowok-cowok yang tinggal sendiri nih apartemen misalnya, tapi Birdman Inc. hanya memproduksi New Nose untuk kepentingan campaign sebuah brand deterjen di Jepang.

Yah....