Bagi mayoritas orang, mendengarkan musik di media apa pun bakal terasa sama. Entah di smartphone atau pun MP3 player. Tapi, untuk orang-orang yang aware dengan apa yang mereka dengarkan, maka kualitas musik bisa dibedakan dari device yang dipakai. Ngomongin soal music player yang paling bisa diandalkan untuk output suara berkualitas, maka Pono adalah jawabannya.

Music player buatan Neil Young ini emang jawara deh kalau masalah sound. Gimana nggak, Pono mampu memainkan audio dengan kualitas tinggi meskipun loe juga bisa mendengarkan musik kualitas biasa lewat perangkat ini. Buat loe yang ngeh dengan sound musik-musik berkualitas, maka Pono bakal mengejutkanmu. Kalau kata Kickstarter, “Surprising and dramatic!”.

Pono dibekali dengan memori internal sebesar 64 GB dan masih bisa expand lewat eksternal hingga 64 pula. Praktis loe bisa mendapatkan 128 GB storage. Mengingat Pono hanya memainkan lagu berkualitas, maka jumlah tersebut relatif kecil lho. Mungkin hanya mampu memuat sekitar 800an lagu. Pasalnya high resoution audio kadang bisa mencapai 100an MB, beda dengan file musik biasa yang hanya sekitar 5-10 MB.

© Mashable

Keunggulan lain dari Pono Player adalah adanya dua output jack yang bisa loe pakai. Jadi, nggak hanya bisa dipakai sendiri, loe juga bisa berbagi musik dengan headset berbeda lewat lubang yang berbeda pula. Loe juga bisa tuh kombinasikan dengan output sound yang lebih besar misalnya speaker.

Satu-satunya kekurangan Pono mungkin adalah desainnya. Dengan harga sekitar USD 399, loe bakal mendapatkan music player yang bentuknya mirip coklat batangan. Sama sekali nggak catchy. Belum lagi user interface-nya yang terlalu sederhana nggak menarik. Beberapa review juga mengeluhkan pengoperasiannya yang kadang susah.

So, kalau loe nggak butuh tampilan dan hanya mementingkan kualitas, maka Pono inilah jawabannya. Siap, menikmati musik yang nggak biasa, Bro?