Kalau nama sudah populer, apapun karya yang bersangkutan bisa berharga jual tinggi. Seperti misalnya jam pasir karya desainer Apple, Marc Newson ini.

Dia adalah orang yang mendesain Apple Watch. Nah masih berhubungan dengan jam, Newson bekerja sama dengan sebuah situs jam tangan Hodinkee untuk menciptakan jam pasir mewah.

Oke loe mungkin berpikir siapa sih yang masih menggunakan jam pasir di tahun 2017? Entahlah. Jam pasir ini mungkin ditargetkan untuk mereka yang menyukai seni.

Hodinkee dan Newson merancang jam pasir setinggi 150 mm itu dengan bahan kaca borosilicate yang sangat jernih dan lebih kuat dari kristal. Walaupun namanya jam pasir, tapi bulir-bulir kecil di dalamnya bukanlan pasir seperti yang tradisional punya. Melainkan 1,2 juta nanoballs.

Bola-bola nano ini berdiameter 0,6mm yang terbuat dari bahan baja berlapis tembaga. Karena desainnya yang unik inilah makanya jam pasir ini dihargai Rp 160 juta. Edan!



Dari sisi satu ke sisi lain saat dibalikkan, jutaan nanoballs itu butuh waktu 10 menit. Jadi jam pasir ini hanya bisa digunakan untuk mengukur waktu sejumlah itu saja.

Yang bikin mahal lagi nih bro, jam pasir ini dibuat dalam unir yang terbatas yaitu 100 item doang. Masing-masing sudah dilengkapi alas berbahan kulis dan sepasang sarung tangan putih supaya nggak ada sidik jari yang membekas saat memegang jam pasirnya.

Untuk memiliki jam ini nggak bisa langsung pre-order. Karena pembeli harus men-deposit-kan uang mereka sepesar Rp 80 juta dulu dan menunggu beberapa bulan sebelum akhirnya dikirim. Minat?