Ibarat smartphone, PC pun harus mendapatkan perlakuan yang sama soal perawatan. Meskipun saat ini mobile computing lebih diminati, nggak disangkal jika komputer loe yang ada di rumah menyimpan banyak data penting. Termasuk foto-foto masa lalu yang bakal jadi aib kalau diunggah ke sosmed. That’s why! Loe harus lebih care salah satunya bisa dengan melakukan back up data.

Nih deretan software rekomendasi yang bisa loe gunakan.

Comodo Backup

Berbekal tampilan unik yang user friendly, Comodo Backup layak untuk loe pertimbangkan. Soal kemampuan nggak usah diragukan lagi. Mulai dari back up, restore dan paling oke adalah online storage-nya. Comodo juga punya banyak banget fitur back up yang keren. Misalnya opsi enkripsi hingga mencakup semua tipe file, mulai dari registry, partisi drive hingga browsing data. Keren, kan?

BuddyBackup

Keluarga dan temen sosok yang membantu loe kapan pun dan dimana pun, termasuk soal bantuan dalam mem-back up data. Yup, BuddyBackup ini memungkinkan loe untuk memindahkan data pribadi ke komputer teman. Bisa di-protect maupun di-remote, loe bakal merasa aman tanpa perlu khawatir mereka bakal menyalahgunakannya.

FreeNAS

FreeNAS sangat pas buat loe yang punya space PC. Software ini bisa mengubah pc lamamu menjadi Network Attached Storage (NAS) device yang powerfull. Bisa di-remote dimana pun loe berada dan uniknya lagi ia bisa melakukan regular back up secara otomatis. Sebagai bonus, FreeNAS juga bisa digunakan sebagai home entertainment center-mu dengan kemampuannya memainkan musik atau film.

Sekarang nggak perlu khawatir kehilangan data-data penting di komputer lama. Setelah ini, lakukan regular back up biar data loe makin aman, Bro!