Air dan gadget seperti kamera adalah dua hal berlawanan yang tidak bisa berdekatan. Sebagai benda elektronik, biasanya kamera akan langsung rusak jika ada komponennya yang terkena lembab dan kecipratan air.

Apalagi sebuah lensa kamera, meski kedengarannya sederhana, lensa adalah komponen elektronik yang rumit. Jadi, jika ada gangguan dari benda asing seperti cairan yang masuk bakal bikin komponen yang ada di dalamnya rusak.

Tapi brand kamera analog, Lomography bikin sesuatu yang berlawanan dengan hal tersebut. Mereka membuat sebuah kamera yang memungkinkan lo masukin cairan ke dalamnya untuk efek-efek fotografi tertentu.


Mereka menamai kameranya ini sebagai HydroChrome.

Dengan HydroChrome ini lo bisa menyuntikkan cairan ke dalam lensa melalui selang khusus dan cairan tersebut bisa menambah efek warna serta efek washed out untuk foto yang lo hasilkan. Penggunanya bisa memakai cairan apapun dan bereksperimen dengan warna yang ada.

Namun pihak Lomography nyaranin untuk menggunakan pewarna yang mudah larut dengan air biasa seperti pewarna makanan untuk menghasilkan efek dan warna terbaik.


Kamera ini juga aperture dengan angka paling besar f/11 hingga yang paling kecil f/168 untuk menangkap foto panorama.

Kabarnya, kamera Lomography HydroChrome bakal rilis bulan November ini dan kemungkinan dijual dengan harga USD $79.

Keren gak menurut lo, Bro?