Konsol apa yang biasa lo mainkan, Bro? Mungkin kebanyakan dari lo bakal jawab PS atau Xbox, sebagian juga mungkin ada yang menjawab Nintendo karena punya seri Wii dan juga Switch.

Salah satu masalah dengan konsol gaming adalah ukurannya yang besar. PS5 bahkan mungkin jadi konsol terbesar di era modern saat ini. Hal tersebut membuatnya sulit untuk dibawa kemana-mana.

Untuk urusan ukuran, Nintendo emang juaranya compact, terlebih dengan Nintendo Switch yang portable. Meski begitu, mereka juga punya Nintendo 64 yang gak kalah bongsor ukurannya dengan Xbox Series X dan PS5.

Tapi gimana jadinya kalau Nintendo 64 dibuat jadi lebih kecil dari Switch?


Seorang modder dengan channel YouTube ‘Gman Modz’ mengubah sebuah Nintendo 64 jadi konsol portable yang bahkan punya ukuran lebih kecil dari controller-nya.

Ini bukan sebuah emulator, namun sang modder benar-benar memangkas motherboard yang ada di dalamnya se-compact mungkin dan menyolder beberapa bagian ke dalam casing handheld yang terbuat dari dua potong plastik tahan panas. 

Akibatnya layar dari Nintendo 64 ini jadi jauh lebih kecil dibandingkan jika lo mainkan menggunakan tv. Tapi tentu aja, fungsi penuh sebuah Nintendo 64 tetap berada di dalamnya. Layar mungil yang ada di konsol hasil modifikasi ini punya resolusi 320x240.


Tapi dengan ukuran yang mungil tentu aja ada beberapa konsekuensi yang juga datang bersamaan. Salah satunya adalah daya tahan baterai yang cuma sekitar satu jam. 

GmanModz berhasil memecahkan rekor membuat Nintendo 64 portable terkecil di dunia. Meski begitu dirinya mengakui bahwa konsol portable buatannya gak senyaman konsol mod yang dibuat orang lain. Tapi emang kenyamanan bermain bukan tujuan modder tersebut, namun ia ingin menunjukkan bahwa dirinya mampu membuat konsol yang lebih kecil.

Wah, unik juga nih, Bro.