Gimana rasanya kalau punya kuku yang canggih? Sebentar lagi khayalan itu bakal terwujud. MIT Media Lab menyediakan sebuah perangkat yang bisa dipasang di kuku jempol tangan yang punya fungsi sebagai wireless track pad.

Alat dengan nama NailO ini bisa dikendalikan hanya dengan menggunakan sentuhan, mirip dengan layar sentuh smartphone. Walaupun hanya sebesar kuku jempol tangan, alat ini dilengkapi dengan baterai, micro-controller, sebuah sensor controller, dan radio chip Bluetooth. Makin modern saja dunia ini ya, Bro. Serba mini semua!

Para pencipta dari MIT Media Lab rencananya akan memperkenalkan temuan mereka ini dalam sebuah konferensi teknologi tanggal 22 April di Korea Selatan.

Lalu, apa kegunaan dari NailO ini?

Para penemunya berharap supaya NailO ini bisa menjadi tangan ketiga bagi manusia, yang akan membantu mereka mengontrol perangkat lain secara wireless saat kedua tangan mereka terlalu sibuk. Misalnya nih, Bro, menjawab telepon saat tangan kiri memegang penggorengan dan tangan kanan sedang menaburkan garam, atau melihat tampilan komputer sambil menyeterika baju.

Dengan konsumsi tenaga yang hanya 4.86 miliampere, sebuah prototype NailO bisa digunakan untuk mengirimkan transmisi data selama kurang lebih dua jam. Tapi ini masih dalam tahap pengembangan, Bro. Tentunya para teknisi di MIT bakal membuat NailO ini lebih canggih saat dipasarkan nanti.

Inspirasi dari perangkat ini berasal dari seorang alumnus bernama Cindy Hsin-Liu Kao yang sering mengamati stiker-stiker kuku. Dari stiker kuku ini muncullah perangkat mungil dengan kegunaan maksimal, NailO.

Nah, kalau loe punya perangkat secanggih NailO bakal loe bikin buat apa, Bro?